Nabi Muhammad SAW Jamin Orang yang Merawat Anak Yatim Akan Bersama di Surga

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 330 2326009 nabi-muhammad-saw-jamin-orang-yang-merawat-anak-yatim-akan-bersama-di-surga-emH2CvqCem.jpg Nabi Muhammad SAWQ memerintahkan umatnya untuk merawat anak yatim piatu. (Foto:Okezone)

JAKARTA – Umat Islam dianjurkan untuk saling menyayangi, termasuk merawat anak yatim piatu. Seorang anak yang menjadi yatim piatu bukan berarti mereka tidak memiliki orangtua.

Namun, mereka kehilangan orangtua yang sudah kembali kepada-Nya. Sebagai seorang muslim yang baik haruslah mengasihi dan menyayangi mereka.

Baca Juga: Mau Sholat Jumat, Perhatikan 11 Hal Ini Agar Pahala Mengalir

Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA menjelaskan, keutamaan merawat anak yatim ada pada cerita Baginda Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam (SAW).

“Nabi Shalallahu alaihi wa sallam begitu perhatian pada anak yatim. Beliau mengatakan, ‘aku bersama orang yang merawat anak yatim itu seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah di surga nanti,” ujarnya dalam Channel Youtube Ishbiruu Channel yang dikutip pada Jumat (11/12/2020).

Baca Juga: Ghibah Seperti Memakan Bangkai Saudara Sendiri yang Sudah Mati

Allah Subhanahu wata'ala (SWT) pun menjamin orang yang mau menyantuni anak-anak yatim, berarti dirinya akan baik di hadapan-Nya. Sebagaimana yang terdapat dalam firman Allah SWT:

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah : 220).

Seorang anak yatim maupun piatu tidak akan pernah menginginkan dilahirkan dalam keadaan seperti itu, dengan kondisi orangtua yang tidak lengkap, atau bahkan tanpa keduanya sama sekali.

Maka dari itu, sebagai orang yang mampu harus bisa memberikan perhatian penuh kepada mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya