Sakit Terus Mendera, Bersedekah Dapat Menjadi Obat Mujarab

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 614 2338450 sakit-terus-mendera-bersedekah-dapat-menjadi-obat-mujarab-l36W7SlHBG.jpg Sedekah membuat hati menjadi lapang. (Foto:Freepix)

JAKARTA - Hal yang sering kali terbaikan saat memberi pengobatan kepada orang yang sakit adalah sedekah. Sedekah menjadi obat terpenting.

Dari Abu Umamah Al-Bahili, Rasulullah bersabda :

"Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah."(HR. Abusy Syaikh dalam kitab Ats-Tsawab. Dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ no. 3358)

Baca Juga: Qanaah Bukan Menjadi Miskin tapi Semakin Kaya Hati

Al-Imam Al-Munawi, berkata :

"Maksudnya adalah sedekah sunnah. Di kala seseorang berharap kesembuhan dengan cara mengeluarkan sedekah, maka sungguh itu obat yang sangat mujarab." (Faidhul Qadir, 1/75)

Baca Juga: Masjid Cheng Hoo Jadi Bukti Laksamana Tiongkok Pernah Sebarkan Islam di Palembang

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata :

"Pasti, sedekah memiliki kemampuan luar biasa dalam mencegah berbagai musibah/bala, walaupun orang yang bersedekah adalah seorang yang bejat, zalim, atau bahkan orang kafir.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustaz Abdul Wahid at-Tamimi dalam pesannya dikutip pada Senin (4/1/2021) menyebutkan karena dengan sebab sedekah itulah Allah menolak musibah atau bala dengan beragam bentuknya.

Hal yang demikian ini pada asalnya telah diketahui oleh setiap orang, baik awam ataupun bukan. Bahkan penduduk bumi mengakui hal ini, karena mereka telah mmbuktikannya."(Al-Wabilus Shayyib hal. 49) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya