Sholat Jumat di Masjid Istiqlal yang Megah Setelah Direnovasi, Apakah Bisa?

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 614 2340954 sholat-jumat-di-masjid-istiqlal-yang-megah-setelah-direnovasi-apakah-bisa-1OLKRUBlq7.jpg Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari ini merupakan momen Hari Jumat perdana bagi Masjid Istiqlal, setelah direnovasi. Masjid Istiqlal, kini tampil lebih wah karena design-nya yang mewah.

Renovasi Masjid Istiqlal secara besar-besaran ini berlangsung sejak Mei 2019 kini telah selesai. Selesainya renovasi Masjid Istiqlal ini pun diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (7/1/2021) malam.

Atas tampilan barunya itu, jamaah pun banyak bertanya-tanya apakah bisa Sholat Jumat di Masjid Istiqlal?

Kepala Bagian Protokol Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah menyatakan, banyak yang menanyakan mengenai Sholat Jumat di Masjid Istiqlal. Menurutnya, hari ini diadakan Sholat Jumat tapi tidak untuk umum.

Baca Juga: Ini 14 Amalan Sunah di Hari Jumat, Yuk Kerjakan

"Kami ada Jumatan tetap belum dibuka untuk umum. Hanya karyawan masjid dan pegawai Waskita Karya," ujarnya kepada Okezone, Jumat (8/1/2021).

Dia menjelaskan, bagi jamaah yang ingin sholat di Masjid Istiqlal agar menunggu informasi lebih lanjut. "Kami akan infokan, semoga dalam waktu dekat sudah bisa dibuka," ujarnya.

Baca Juga: Viral Kakek Tertatih-tatih Sholat ke Masjid, Netizen Auto Baper: Serasa Digampar

Seperti diketahui, tadi malam Presiden Jokowi meresmikan hasil renovasi Masjid Istiqlal. Dalam pidatonya Presiden mengucapkan syukur atas selesainya renovasi masjid yang dibangun 42 tahun silam.

"Renovasi Masjid Istiqlal menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan. Bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita Indonesia," kata Presiden.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, seperti dikutip dari laman Kemenag, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, sepanjang 42 tahun berdiri, baru kali ini Masjid Istiqlal mendapatkan renovasi secara besar-besaran. Anggaran yang dialokasikan untuk proses renovasi ini juga mencapai Rp511 miliar dengan melibatkan hingga 1.000 pekerja.

"Renovasi ini dilaksanakan secara serius dan profesional oleh Kementerian PUPR dengan menunjuk Waskita Karya sebagai pelaksananya," ucapnya.

Peresmian renovasi tersebut ditandai dengan pemukulan beduk sekaligus penandatanganan prasasti peresmian renovasi oleh Presiden Joko Widodo. Setelah itu, Kepala Negara juga menyempatkan diri Sholat Magrib berjamaah di masjid tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hadir dalam peresmian tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini