Komunitas Frasa, Sahabat Para Sister dalam Menuntut Ilmu

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 614 2347143 komunitas-frasa-sahabat-para-sister-dalam-menuntut-ilmu-LymXlVH6o6.jpg Komunitas Frasa saat memberikan bantuan. (Foto: Komunitas Frasa/Ist)

JAKARTA- Disamping peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat, perempuan juga dianugerahkan sebuah potensi yang luar biasa dimana salah satu hal yang dapat dilakukan agar perannya berjalan secara maksimal adalah dengan mengasah potensi tersebut lewat menuntut ilmu.

Berangkat dari hal itu, Komunitas Frasa hadir dengan visi untuk membangun kecintaan perempuan akan keilmuan baik dari segi ilmu pengetahuan umum, maupun ilmu pengetahuan Islam.

Komunitas Frasa merupakan komunitas perempuan yang bergerak dalam bidang keilmuan. Komunitas ini menjadi wadah untuk para perempuan dalam menyinergikan naluri perasaannya dengan kekuatan intelektualnya.

Baca Juga: Pernikahan dalam Islam, Upaya Menyempurnakan Separuh Agama

Komunitas Frasa mulai hadir menjadi sahabat menuntut ilmu bagi para perempuan sejak tanggal 25 Agustus 2019 sehingga telah merayakan 1 tahun berdirinya komunitas ini pada bulan Agustus lalu yang diselenggarakan lewat rangkaian kegiatan secara virtual.

Sapaan "Sister" menjadi khas dari komunitas ini untuk menyapa para peserta yang mengikuti program-programnya, sebab persembahan program-program yang diselenggarakan oleh Komunitas Frasa ditujukan dari dan untuk para perempuan.

Baca Juga: Enggak Perlu Gengsi, Membantu Pekerjaan Istri Itu Sunnah

Komunitas Frasa juga mengusung tagline yang berbunyi "Perempuan, Ilmu, dan Rasa", dimana ilmu dan rasa adalah dua paduan penting yang perlu diseimbangkan karena Komunitas Frasa meyakini selain identik dengan perasaan yang begitu kuat intelektualitas juga menjadi bagian penting dalam perpaduan.

Program unggulan yang dimiliki oleh Frasa juga sangat sarat manfaat dan ilmu. Komunitas ini telah menyelenggarakan banyak kelas yang menjadi sahabat para sister untuk terus semangat dalam membangun fondasi keilmuannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sejak pandemi Covid-19 pun Komunitas Frasa tidak berhenti menjadi sahabat para perempuan dalam menuntut ilmu karena program yang diselenggarakan tetap berlanjut secara virtual. Partisipasi dari para sister Frasa yang bergabung selama pandemi juga meningkat.

Berikut Program yang dimiliki oleh Komunitas Frasa:

1. Women Science Academy

Kelas ini berfokus dalam membangun fondasi keilmuan Islam. Beberapa diantara yang telah diselenggarakan adalah kelas Tafsir Alquran dan Hadits, Kelas Intensif Fiqih, dan kelas Tarbiyatul Aulad.

Dalam waktu dekat Komunitas Frasa juga sedang membuka pendaftaran kelas 2 kelas intesif, yaitu Kelas *Women Sholars in Islam* yang akan membahas seputar sejarah, karya dan metode berpikir ulama serta cendikiawan muslimah juga Kelas Intensif Fiqih level 1 yang bertemakan "Membangun Keilmuan Hukum Islam dan Beribadah dengan Ilmu". Pendaftaran kelas intensif ini akan segera ditutup pada tanggal 23 Januari 2021.

2. Frasa Talk

Kelas yang mengangkat tema-tema umum seperti psikologi, kesehatan, finansial, gaya hidup, dll. Kelas ini biasanya diadakan 1 kali dalam periode 1 hingga 2 bulan.

3. Kelas Mulazamah Tarbiyatul Islam

Kelas ini juga merupakan salah satu jenis kelas intensif yang dimiliki oleh Frasa. Namun kelas ini dibuka dengan jumlah peserta yang lebih sedikit kurang lebih 30 orang. Bahasan kelas berfokus pada keilmuan Islam seputar adab, aqidah, dan akhlaq.

4. Frasa Charity

Selain kelas keilmuan Frasa juga hadir dalam bentuk mengasah kepedulian sosial para perempuan. Frasa Charity merupakan gerakan sosial masyarakat yang dibuat oleh Frasa dengan sasaran utama bantuan untuk janda fair miskin serta kaum dhuafa.

Selain program unggulan diatas, Komunitas Frasa juga sudah memiliki platform usaha yang menyediakan pernak pernik wanita. Informasi seputar usaha penjualan yang dilakukan oleh Komunitas Frasa dapat dilihat pada akun instagram @frasastore.in.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini