Diskusi Syekh Ali Jaber dan Aa Gym Soal Bencana Bukan Hukuman

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 330 2349266 diskusi-syekh-ali-jaber-dan-aa-gym-soal-bencana-bukan-hukuman-c9KHtdioJG.jpg Syeikh Ali Jaber semasa sehat. (Foto:RCTI)

JAKARTA- Musibah dan bencana alam terjadi awal tahun 2021. Apakah ini teguran Alla Ta'ala atau azab Allah Ta'ala. Syekh Ali Jaber menjelaskan semua saat itu saat dialog zoom dengan KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym seputar musibah dan bencana alam.

Dialog via zoom ini rekaman videonya beredar luas di medai sosial.

Syekh Ali Jaber menjelaskan sebagai berikut;

Alhamdullilah, meski di Indonesia banyak bencana gempa, longsor, banjir, ini bukan hukuman. Tapi Alloh mengingatkan, teguran.

Kalau kita berlaku dosa begitu banyak, kenapa tidak turun azab, walaupun dosa kita melebihi umat-umat terdahulu.

Ini berkat doa Nabi Muhammad SAW yang sudah memohon kepada Allah Ta'ala "Jangan Binasakan Umatku".

Berati akibat doa Nabi Muhammad, kita dilindungi dari azab Allah, tapi tidak terlindungi dari teguran tadi.

Dan bencana ini adalah cara Allah. Memang kita melihat peristiwa wabah ini cukup mengkawatirkan dunia, tapi masih dibawah level azab.

Sekarang apa yang harus dilakukan umat?

Harus perbanyak tobat. Buat gerakan dari rumah masing masing baca doa Nabi Yunus diawali dengan sholawat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Indahnya doa ini karena ada penuguhan Tauhid, ikrar. Kita meyakinkan akidah kita. "La ilaha ila Anta Subhanaka, Maha Suci Engkau ya Allah. Inni kuntu minadzolimin. Disitu kita merasa melakukan kesalahan diri. Kita mengakui banyak melakukan perbuatan dzolim terhadap diri sendiri, keluarga, lingkungan. Makanya doa seperti ini bagus.

Kata para ulama barang siapa membaca terus menerus membaca doa Nabi Yunus ini selama 40 hari atau 40 malam minimal mengucapkan doa ini selama 100 kali, insya Allah ada jalan keluar dan solusi.

Saat membaca doa Nabi Yunus kita sambil ingat dosa perbuatan kita. Berapa kali tinggalkan sholat, berapa lama tak baca Alquran, berapa kali kita buruk sangka sama orang, berapa kali ada kesempatan bantu orang terlewatkan.

Kalau dosa-dosa ini berbau, maka kita gak berani keluar rumah karena tercium bau dosa itu sama orang, tapi masih Allah Ta'ala menutupi, masih Allah kasih sayang dan anugerah.

Salah satu anugerah Allah yakni ketika kita berdosa dan langsung beristighfar maka saat itu juga Allah kasih ampunan, saat itu juga Allah segera ampuni.

Beda dengan godaan setan yang perlu banyak waktu menggoda kita berbuat dosa. Tapi begitu kita Istighfar saat itu juga Allah ampuni dosa kita. Kata setan cape deh, aku sudah lama goda manusia tapi Allah begitu cepat mengampuni dosa manusia.

Ini kesmepatan baik, apalagi ini wabah corona, ini baik kita baca doa Nabi Yunus. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya