Share

Ini Amalan yang Dapat Posisi Tertinggi di Surga, Syekh Ali Jaber Ungkap Penyebabnya

Cita Zenitha, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 330 2630545 ini-amalan-yang-dapat-posisi-tertinggi-di-surga-syekh-ali-jaber-pernah-ungkap-penyebabnya-H6D049yCpm.jpg Syekh Ali Jaber ungkap amalan yang dapat posisi tertinggi di surga. (Foto: Dok RCTI)

ADA sejumlah amalan yang dapat posisi tertinggi di surga. Amalan-amalan tersebut memiliki nilai lebih tinggi kedudukannya dari ibadah lainnya.

Umat Islam melakukan amalan kebaikan tentu untuk mendapat pahala dan surga dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Surga adalah sebaik-baiknya tempat tinggal untuk umat-umat bertakwa selama hidupnya. Ada banyak sekali cobaan yang harus dilalui untuk mendapatkan surga dan hidup kekal abadi di dalamnya.

Baca juga: Akhir Pekan Simak Jadwal Sholat Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022M/16 Dzulhijjah 1443H 

Hadis riwayat Imam Ahmad mengatakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda bahwasanya ada sebagian dari umatnya yang masuk surga tanpa hisab. Hisab sendiri adalah keadaan di mana semua umat manusia di akhirat kelak dikumpulkan dan dihitung amal perbuatannya.

"Aku dianugerahi Allah 70.000 orang dari umatku masuk surga tanpa hisab. Wajah mereka tampak seperti bulan di malam purnama. Hati mereka semuanya sama. Lalu aku memohon tambahan kepada Allah dan Allah menambahkan untukku setiap satu orang menjadi 70.000 orang." (HR Ahmad dalam musnad dengan sanad yang shahih)

Tentu ada beberapa amalan khusus yang dilakukan oleh sahabat Nabi Shallallahu alaihi wassallam sehingga bisa masuk surga tanpa hisab.

Kira-kira apa saja amalan yang bisa kita lakukan untuk mendapat posisi tertinggi di surga bahkan masuk surga tanpa hisab? Berikut penjelasannya, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Abu Nawas Pukuli Penjaga Istana, Dibilang Itu Hadiah dari Raja, Aneh Banget! 

Amalan kebaikan yang dapat mengantarkan umat Islam ke surga dan menjadi amalan paling utama pernah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam jawab dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim. Saat itu ada seorang sahabat yang bertanya mengenai amalan yang paling Allah Subhanahu wa ta'ala sukai dari hamba-Nya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sholat pada waktunya, berbuat baik kepada ibu bapak, dan jihad di jalan Allah." (HR Bukhari dan Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu ada lagi amalan yang paling baik dari sholat dan sedekah. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Maukah aku kabarkan kepada kalian tentang suatu amalan yang lebih utama daripada derajat sholat, puasa, dan sedekah? Yaitu, menciptakan kedamaian (merukunkan) antara manusia, sebab kerusakan hubungan di antara manusia adalah pembinasa agama." (HR Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Kendati demikian, dalam sebuah kanal YouTube Audio Syiar berjudul 'Amalan yang Melebihi Ahli Puasa dan Ahli Tahajud | Syekh Ali Jaber' terdapat penjelasan dari Syekh Ali Jaber.

Dalam video tersebut, Syekh Ali Jaber mengungkapkan amalan terbaik selain ahli puasa dan ahli tahajud adalah akhlak yang mulia.

Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan umat manusia menyempurnakan akhlak untuk mendapat derajat yang lebih tinggi. Akhlak yang dimaksud di sini cakupannya sangat luas mulai dari diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan sekitar.

Nilai akhlak baik seseorang dapat terlihat ketika dirinya sedang mendapat ujian. Di sinilah akhlak baik seseorang menjadi tolok ukur apakah bisa diterima di surga atau tidak.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini