Share

3 Rahasia Terkabulnya Segala Hajat dan Doa, Simak Urutannya Menurut Syekh Ali Jaber

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 330 2618729 3-rahasia-terkabulnya-segala-hajat-dan-doa-simak-urutannya-menurut-syekh-ali-jaber-i7xVapjbnB.jpg Ilustrasi Syekh Ali Jaber ungkap 3 rahasia terkabulnya hajat dan doa. (Foto: Dok Okezone)

RAHASIA terkabulnya segala hajat dan doa perlu diketahui setiap Muslim. Doa merupakan salah satu sarana komunikasi yang dilakukan kaum Muslimin kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Selain itu, doa juga digunakan untuk meminta dan memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebab, doa adalah sebab utama agar seseorang bisa meraih impian dan harapannya.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Senin 27 Juni 2022M/27 Dzulqa'dah 1443H 

Doa bisa dipanjatkan kapan saja, namun pada umumnya dilakukan bakda sholat, setelah membaca kitab suci Alquran, seusai kumandang azan, atau bahkan ketika hujan turun.

Namun jika ingin doa cepat terkabul ternyata ada rahasianya. Apa ya rahasia terkabulnya segala hajat dan doa? Simak ulasannya berikut ini.

Dalam tayangan ceramah yang pernah dilakukan oleh Syekh Ali Jaber rahimahullah dan diunggah akun YouTube Moch Hisyam pada 9 November 2021, beliau menjelaskan rahasia terkabulnya doa.

Setidaknya ada tiga poin rahasia terkabulnya segala hajat dan doa yang disampaikan Syekh Ali Jaber.

1. Mengawali berdoa dengan Bismillah lalu dilanjutkan dengan memuji nama Allah Subhanahu wa ta'ala. Satu ucapan pujian kepada Allah sudah cukup, yaitu dengan mengucap: "Alhamdulillahi rabbil ‘alamin."

Alasannya, ucapan tersebut sudah mewakili segala pujian bagi Allahu Subhanahu wa ta'ala Sang Pencipta Alam dan segala isinya. Pujian tersebut bisa diulang berkali-kali sampai benar-benar terasa di dalam hati.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini: Membuat Segala Urusan Jadi Lebih Baik 

2. Bersalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Bacalah: "Allahumma salli ala Muhammadin wa ala ali Muhammad."

3. Setelah bersalawat, panjatkan doa atau hajat yang diinginkan. Lalu ditutup salawat kembali. "Jadi setiap langkah doa diawali dan diakhiri salawat," tutur Syekh Ali Jaber.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Syekh M Ibrahim, dikutip dari nu.or.id, menjelaskan mengenai tata cara berdoa dan adabnya sebagai berikut.

ومن آدابه أن يتحرى الأوقات الفاضلة كان يدعو في السجود وعند الأذان والإقامة ومنها تقديم الوضوء والصلاة واستقبال القبلة ورفع الأيادي إلى جهة السماء وتقديم التوبة والاعتراف بالذنب والإخلاص وافتتاحه بالحمد والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم وختمه بها وجعلها في وسطه أيضا

Artinya: "Salah satu adabnya adalah menggunakan waktu-waktu yang utama, yaitu berdoa saat sujud, berdoa saat jeda antara azan dan iqamah. Salah satu adabnya lagi adalah bersuci terlebih dahulu, sholat, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan ke arah langit, bertobat terlebih dahulu, pengakuan dosa terlebih dahulu, ikhlas dalam berdoa, membuka doa dengan tahmid dan salawat Nabi, mengakhiri doa dengan salawat Nabi, dan juga membaca salawat Nabi di tengah doa." (Syekh M Ibrahim Al Baijuri, Tuhfatul Murid ala Jauharatit Tauhid, halaman 92)

Demikian penjelasan mengenai rahasia terkabulnya segala hajat dan doa. Semoga sangat jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini