Viral, Masjid Raya Asmaul Husna Ternyata Karya Ridwan Kamil

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 614 2354502 viral-masjid-raya-asmaul-husna-ternyata-karya-ridwan-kamil-G6qFPPWO31.jpg Masjid Asmaul Husna di kawasan Gading Serpong, Tangerang. (Foto:Tangkapan Layar)

JAKARTA- Di media sosial (medsos) Tiktok saat ini sedang viral bentuk bangunan masjid yang berbeda dengan bentuk masjid kebanyakan. Ternyata, masjid ini bernama Masjid Raya Asmaul Husna.

Masjid yang terletak di Jalan Raya Kelapa Dua, Gading Serpong, Tangerang, ini menjadi viral tak kala seorang netizen merekam video dan mem-posting karena kagum dengan bangunan masjid tersebut.

Dalam video itu, awalnya bangunan dua lantai berwarna gradasi hijau, kuning lembut dan warna biru yang tak begitu menyolok itu adalah masjid. Tampak dari luar areal parkir yang cukup luas sehingga terlihat nyaman. Netizen ini makin terkagum- kagum karena seluruh dinding masjid ternyata bertuliskan Asmaul Husna dengan fasad tulisan kaligrafi yang menonjol.

Baca Juga: Ada Kerupuk dan Gorengan, Yuk Intip Lebih Detail Menu Jamaah Umrah saat Dikarantina di Madinah

 Namun yang membuatnya bingung masjid ini tanpa kubah, sehingga jika dilihat sekilas memang bukan seperti masjid. Dari maket bangunan yang diperlihatkan netizen tadi ternyata kubah tidak berbentuk bulat utuh, hanya separuhnya saja.

Pemilik akun Tiktok Amritsaraje ini merekam bagian dalam masjid yang ternyata hasil karya Arsitek Ridwan Kamil, yang tak lain adalah Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Ghibah dan Adu Domba Perkara Haram Terberat Setelah Syirik

“Gaes, mau cerita. Jadi tadi aku tuh lagi di jalan. Trus aku nengok kiri, ada bangunan gede banget warnanya hijau. Tuh kalian liat saja parkirannya aja tuh gede banget, jadi bangunan ini tuh emang gede banget. Pas aku lihat lagi aku kok baru ngeh, kok kayaknya ini familiar banget ya. Masya Allah, gaes itu Asmaul Husna. Nah ini aku zoom untuk kalian, dan aku baru tau kalau ini tuh masjid. Jadi kalau diperhatiin dari luar ini bangunan unik. Udah gitu gak ada kubahnya gaes. Masuk ke dalam, lebih keren lagi dong,” demikian Amritsaraje mengisahkan dalam Tiktoknya, seperti dikutip Senin (1/2/2021).

Pada bagian dalam Masjid Raya Asmaul Husna yang paling terasa berbeda adalah pada bentuk plafon masjid. Bentuk plafon masjid tidak lurus rata, namun dibuat seperti bentuk patahan-patahan tangga.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara plafon dibagian dekat mimbar berbentuk bintang. Netizen inipun men-zoom lebih dekat lagi plafon berbentuk bintang itu yang ternyata tembus padang sehingga bisa melihat langit.

Dengan tembus pandang maka bisa terlihat ke atas dan kubah separuh tadipun nampak. Nah di kubah itu tampak jelas dipasang lekukan besi stainless yang dibentuk motif bintang.

Hingga berita ini diturunkan, video Masjid Raya Asamul Husna berdurasi 55 detik ini pun tidak lagi viral hanya di Tiktok, namun sudah merambah ke netizen plus 62.

Dikutip dari situs Masjid Raya Asmaul Husna, masjid ini dibangun pada tahun 2010, dan diresmikan oleh Bupati Tangerang Bapak Zaki Iskandar pada hari Jum’at, 06 Desember 2013.

Masjid ini menempati tanah seluas sekitar 5.780 M2 dengan luas bangunan sekitar 2.500 M2. Posisi Masjid sangat strategis, karena berada pada jalan raya-boulevard di dalam komplek perumahaan yang dikembangkan oleh developer papan atas di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya