Masjid Transparan di Arab Saudi, Pimpro: Surga Punya Banyak Pintu

Djairan, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 614 2357033 masjid-transparan-di-arab-saudi-pimpro-surga-punya-banyak-pintu-B2nMut0qA1.jpg Masjid transparan di Arab Saudi. (Foto: Ajlangharem.com)

RIYADH - Masjid transparan di Arab Saudi menjadi viral dan perbincangan netizen. Konstruksi bangunannya yang berbeda dari umumnya.

Masjid tersebut merupakan bagian dari proyek seni bertajuk 'Paradise has Many Gates' atau Surga Punya Banyak Pintu.

Masjid transparan ini merupakan proyek yang dikerjakan Ajlan Gharem, seniman sekaligus guru matematika Saudi, seperti dikutip dari The Islamic Information.

Baca Juga: Meneladani Cara Nabi Muhammad Menjalankan Sholat Jumat Berjamaah

Bangunannya terlihat apik, terbuat dari baja canai, plexiglass, aluminium, dan dihiasi lampu warna-warni. Seniman menggunakan material yang sama dengan bangunan yang digunakan oleh otoritas di Eropa untuk menahan pengungsi muslim yang masuk negara-negara tersebut, termasuk penjara Guantanamo, Kuba, yang dikelola militer Amerika Serikat.

Ide tersebut membuat banyak kagum, hingga Ajlan Gharem dibanjiri pujian atas perannya di bidang seni.

Baca Juga: Fenomena Sumpah Demi Alex, Ulama: Perbuatan Syirik Meski Diucapkan Benar

Masjid ini pernah ditampilkan di Taman Vanier, Vancouver, Kanada. Orang-orang di sana dapat melihat karya seni itu saat dipamerkan selama 2 tahun.

Orang-orang yang menyaksikan dari dekat terheran-heran melihat bagaimana Ajlan Gharem memberikan pesan yang kuat dengan cara sangat sederhana. Masjid tersebut dapat dilihat dari berbagai sudut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Terinspirasi dari penindasan umat Islam, karya Ajlan Gharem ini dinilai mampu menunjukkan betapa damainya muslim. Setelah itu, masjid transparan ini dibawa pulang ke Saudi atau akan dipamerkan kembali di tempat lain agar bisa dilihat lebih banyak orang. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya