Jangan Salah, Masa Muda Juga Sudah Dimintai Pertanggungjawaban

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 330 2367055 jangan-salah-masa-muda-sangat-juga-sudah-dimintai-pertanggungjawaban-VHvQzrFnxk.jpg Isilah masa muda dengan amal ibadah sebab tiap jenjang umur akan dipertanggungjawabkan. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Masa muda masa mencari jati diri dan ingin eksis serta diakui, masa mencari-cari perhatian dunia, itulah pemuda. Semua potensi ada di pemuda, mulai dari semangat, waktu luang dan tenaga

Akan tetapi jika tidak diarahkan, maka pemuda bisa rusak karena salah satu penyebab kerusakan pemuda adalah tidak ada kegiatan positif dan banyak waktu luang terbuang.

Baca Juga: Anggota TNI AD Jadi Imam Sholat Jamaah Bersama US Army

Ustaz dr Raenul Bahraen dalam akun instagramnya dikutip pada Rabu (24/2/2021) menyebutkan dengan gairah pemuda dan ingin eksis serta perhatian, maka waktu kosong tersebut diisi dengan kegiatan negatif atau minimal sia-sia misalnya saja nongkrong tidak jelas dan akhirnya menganggu atau kebut-kebutan di jalan.

Baca Juga: Dukun Ditantang Syaikh Al Albani: Coba Datangkan Roh Imam Bukhari

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata:

“Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil."

Jadi, kata dia, inilah kaidah kehidupan, bahwa jika tidak mengisi kehidupan dengan kegiatan positif, maka pasti diisi dengan kegiatan yang negatif atau minimal sia-sia dan kurang bermanfaat. Apalagi bagi seorang pemuda yang jiwanya masih bergelora.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Dalam suatu hadis tidak akan bergeser kaki hamba sampai ditanya 4 hal, yaitu umur, masa muda, harta dan ilmu," katanya.

Padahal masa muda adalah bagian dari umur, tetapi ditanya lagi artinya masa muda sangat penting dan kelak akan dipertanggung jawabkan.  (vitri)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini