Isra Miraj Pertanda Akan Berakhirnya Bulan Rajab

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 330 2375782 isra-miraj-pertanda-akan-berakhirnya-bulan-rajab-w9GCZbdqkb.jpg Isra Miraj menjadi peristiwa penting bagi umat Islam. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Isra Miraj juga sebagai pertanda akhir dari bulan Rajab. Isra Miraj perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsa terjadi pada 27 Rajab.

Peristiwa dahsyat perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha lalu naik ke langit tujuh hingga Sidratul Muntaha.

Muslim harus meyakini dan mengimani peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad yang mengandung banyak hikmah, salah satunya perintah menjalankan sholat lima waktu.

Baca Juga: Hukum Mewarnai Rambut Uban, Jangan Pakai Warna Hitam Bakal Tak Mencium Bau Surga

Peristiwa dahsyat Isra Miraj Nabi SAW itu terjadi pada 27 Rajab di tahun kedelapan kenabian. Tahun ini, Isra Miraj diperingati Kamis, 11 Maret 2021.

Menyambut momen Isra Miraj yang terjadi di pengujung Bulan Rajab, Muslim dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah untuk meraih pahala.

Sejatinya tidak ada amalan khusus yang disunnahkan Rasulullah. Semua amalan harus ada contoh yang dilakukan oleh Rasulullah.

Jadi bila mengerjakan amalan yang disunnahkan atau dicontohkan Rasulullah balasannya adalah pahala dan jangan mengkreasikan ibadah.

Baca Juga: Cara Istri Melayani Suami dalam Islam, Ustaz Ainul Yaqin: Allah Mengharamkan Api Neraka

Namun sebagai umat Islam pada Isra Miraj melakukan sejumlah hal dengan landasan alasan- alasan sebagai berikut.

1. Sholat Sunah 12 Rakaat

 Dalam Kitab Ihya’ Ulumiddin karya Imam Al Ghozali juz:1 hal:426 seperti dikutip dari PISS-KTB, Imam Ghoali mengatakan:

اعلم ان الليالى المخصوصة بمزيد الفضل التي يتأكد فيها استحباب الاحياء في السنة خمس عشرة ليلة…وليلة سبع وعشرين منه وهي ليلة المعراج… فمن صلى في هذه الليلة اثنتى عشرة ركعة يقراء في كل ركعة فاتحة الكتاب وسورة من القران ويتشهد في كل ركعتين ويسلم Artinya: ketahuilah..

sesungguhnya malam malam yang dikhususkan dengan tambahnya keutamaan, dianjurkan untuk menghidupkanya dalam satu tahun ada 15 malam.. dan malam 27 Rajab termasuk dari malam tersebut, yaitu malam mirajnya Nabi Muhammad SAW. Barang siapa melakukan sholat pada malam tersebut 12 rokaat, dalam setiap rokaatnya membaca surat alfatihah dan surat dari Alqur an bertsyahud dalam dua rakaat dan salam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk melaksanakannya bisa dengan niat shalat hajat. Hal ini berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah. 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى أَوْفَى الأَسْلَمِىِّ قَالَ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « مَنْ كَانَتْ لَهُ حَاجَةٌ إِلَى اللَّهِ أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِهِ فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ لْيَقُلْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ أَسْأَلُكَ أَلاَّ تَدَعَ لِى ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا لِى ثُمَّ يَسْأَلُ اللَّهَ مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ مَا شَاءَ فَإِنَّهُ يُقَدَّرُ ».

“Barang siapa punya hajat kepada Allah atau diantara makhluk Allah, maka wudlu’lah dan shalatlah 2 rakaat, lalu baca doa ….” (HR Ibnu Majah). Sebagian ulama menilai hadis ini dlaif, namun tetap boleh diamalkan.

2. Membaca Tasbih, Tahmi dan Tahlil 100 kali سُبْحَانَ اللّهِ والحمد لله ولا اله الا الله اكبر

3. Membaca Istigfar 100 kali 4. Membaca Sholawat 100 kali 5. Dzikir 100 Kali Dalam kitabnya, Lathaifut Thaharah wa Asrarus Sholat halaman 83-88, K.H. Sholeh Darat Assamarani menuliskan bab khusus mengenai “Fadhilah Rajab”. Beliau menjelaskan mengenai banyaknya pahala dzikir yang didapatkan di Bulan Rajab ini. Nabi SAW bersabda:

“Barang siapa yang mengucapkan kalimat سبحان الحي القيوم sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari awal Rajab, mengucap سبحان الاحد الصمد sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari kedua, dan mengucap سبحان الرؤف sebanyak 100 kali tiap hari pada sepuluh hari ketiga, maka tidak ada orang yang bisa menghitung pahalanya”. (Kastolani)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya