Singapura Izinkan Sholat Tarawih Ramadhan 2021 di Masjid

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 330 2382103 singapura-izinkan-sholat-tarawih-ramadhan-2021-di-masjid-L3WT1zRhnC.jpg Masjid d Kampung Glam, Singapura. (Foto:Okezone/Dok)

SINGAPURA - Pada Puasa Ramadhan 2021 yang sebentar lagi akan tiba, pemerintah Singapura membolehkan umat Islam melaksanakan Sholat Tarawih di masjid. Pada Ramadhan 2020 tidak diizinkan karena pandemi Covid-19.

Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) menyatakan, masjid diperbolehkan menggelar Salat Tarawih tetap dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat. Ini sejalan dengan sudah terkendalinya kasus Covid-19 di Singapura.

Namun ada kemungkinan setiap muslim tak selalu bisa mengikuti Salat Tarawih setiap malam, mengingat mereka harus mendaftar secara online serta ada pembatasan jemaah yang hadir di masjid. Di Singapura, Ramadan tahun ini jatuh pada 13 April hingga 12 Mei. Hari Raya Idul Fitri ditetapkan pada 13 Mei.

Baca Juga: Keutamaan Doa Kafaratul Majelis, Penghapus Kesalahan saat Kajian

"Saya yakin banyak dari kita berharap bisa menghabiskan waktu di masjid, tapi mengingat situasi saat ini kita tidak bisa keluar dari hutan. Sangat penting melakukan aktivitas ini dengan cara yang sangat aman dan bertanggung jawab," ujar Mufti Nazirudin Mohamad Nasir, dikutip dari The Straits Times, Selasa (24/3/2021).

Dia menambahkan, untuk bisa melaksanakan salat di masjid, jemaah harus terlebih dulu mendaftar secara online yang dibagi dalam tiga jendela. Tersedia ruang untuk 84.000 jemaah untuk setiap jendela. Setiap orang hanya boleh mengisi satu jendela demi memberikan kesempatan kepada jemaah lain.

Sementara itu iktikaf 10 hari terakhir akan diadakan, meskipun jemaah tidak diperbolehkan menginap di masjid. Jemaah bisa mengikuti program acara yang diadakan sampai malam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Seorang warga, Muhammad Hilman Mohamed Sabli (20), bersyukur masjid diperbolehkan menggelar Salat Tarawih pada Ramadan kali ini.

“Melakukan terawih dan qiyamullail bersama masyarakat di masjid merupakan pengalaman sangat spiritual dan menyenangkan selama Bulan Suci,” ujarnya.

Jamaah lain, Muhammad Hasif Imran (21), menegaskan tak akan menyia-nyiakan kesempatan ini setelah pada Ramadan lalu masjid ditutup. Dia akan memanfaatkan kesempatan kali ini untuk ke masjid.

Kepala Eksekutif MUIS Esa Masood mengatakan, untuk zakat, muslim diimbau melakukannya secara online. Lebih dari 90 persen sumbangan zakat tahun lalu dilakukan online.

Selain itu MUIS juga mengadakan program masjid secara online melalui SalamSG TV, menampilkan berbagai konten keagamaan dan gaya hidup. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya