Berapa Rakaat Sholat Tarawih dan Witir, Begini Penjelasan Hadis Aisyah Radhiyallahu Anha

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 330 2391264 berapa-rakaat-sholat-tahajud-dan-witir-begini-penjelasan-hadis-aisyah-radhiyallahu-anha-uVFba2OB3T.jpg Berapa rakaat sholat tarawih dan witir? (Foto: Freepik)

JAKARTA - Berapa rakaat Sholat Tarawih dan Witir yang dicontohkan Rasulullah? Atas pertanyaan ini ada dua pendapat yang dipahami kaum Muslimin.

Pertama, 20 rakaat, ditambah dengan tiga rakaat sholat witir dengan demikian secara total 23 rakaat.

Kedua, 8 rakaat, dan secara total salat malam yang dikerjakan adalah 11 rakaat ditambah dengan tiga rakaat sholat witir. Kedua pendapat itu sama-sama memiliki dalil.

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar, hadis yang menerangkan 23 jumlah rakaat sholat tarawih mengutip hadis dari Ibnu Abbas yang diriwayatkan al Baihaqi, dan Ibnu Abi Syaibah.

Baca Juga: Sholat Tarawih Ditutup Witir, Jika Melanjutkan Tahajud Haruskah Witir Lagi?

Akan tetapi mayoritas ulama hadis menilai hadis tersebut statusnya dhaif alias lemah. Bahkan beberapa ulama menempatkannya sebagai hadis mungkar.

“Hadis mungkar itu hadis yang bertentangan dengan hadis sahih. Jadi bukan hanya kualitasnya lemah tetapi juga bertentangan dengan hadis yang lebih valid. Terus hadis apa yang sahih kalau begitu? Hadis yang sahih mengenai rakaat tarawih ialah hadis dari Aisyah,” terang dikutip dari laman Muhammadiyah pada Kamis (8/4/2021).

Hadis yang tepat mengenai jumlah rakaat salat tarawih, kata Syamsul, adalah hadis dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha yang diriwayatkan dua guru besar hadis yaitu Bukhari dan Muslim. Dalam hadis tersebut seorang sahabat bernama Abu Salamah Ibn Abd ar-Rahman bertanya kepada Aisyah tentang salat Rasulullah di bulan Ramadan.

Baca Juga: Zuhud Itu Tidak Bangga Punya Harta dan Tidak Sedih Kehilangan Dunia

Lalu Aisyah menjawab: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melakukan salat sunnat (tathawwu‘) di bulan Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat dan jangan engkau tanya bagaimana indah dan panjangnya, kemudian beliau salat lagi empat rakaat, dan jangan engkau tanya bagaimana indah dan panjangnya. Kemudian beliau sholat lagi tiga rakaat.”

Berdasarkan hadis Aisyah di atas, jumlah rakaat salat tarawih yang dilakukan Rasulullah SAW adalah 11 rakaat dengan witirnya, dikerjakan empat rakaat lalu salam tanpa tahiyyat awal, kemudian empat rakaat lalu salam, dan ditutup dengan sholat witir tiga rakaat lalu salam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Syamsul kemudian mengomentari ulama yang berpendapat bahwa hadis dari Aisyah di atas bukanlah hadis tentang sholat tarawih melainkan sholat witir. Padahal, menurut Syamsul, dalam redaksi hadis Aisyah itu sudah jelas bahwa seorang sahabat menanyakan tentang sholat Rasul di bulan Ramadan, maksudnya adalah sholat tarawih.

Selain itu, hadis Aisyah juga ditempatkan di dalam kumpulan hadis-hadis tentang sholat tawarih, bukan di sholat witir.

“Karena itu jumlah sholat tarawih yang dikerjakan Nabi itu adalah 11 rakaat dengan witirnya,” tegas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya