Hasil Sidang Isbat Besok 1 Ramadhan 1442 H, Begini 4 Cara Dekatkan Diri dengan Pahala

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 12 April 2021 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 330 2393494 hasil-sidang-isbat-besok-1-ramadhan-1442-h-begini-4-cara-dekatkan-diri-dengan-pahala-49p4Gom0al.jpg Ramadhan 2021, 4 Cara Dekatkan Diri dari Pahala. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Hasil Sidang Isbat menetapkan besok 13 April 2021 adalah 1 Ramadhan 1442 H. Agar Bulan Ramadhan maksimal, 4 cara ini bisa dekatkan diri dengan pahala.

Ustaz Ady Kurniawan Al Asyrofi menjelaskan, puasa adalah tameng maka apabila salah seorang muslim sedang berpuasa janganlah berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. “Jika dia dicela dan disakiti maka katakanlah saya sedang berpuasa,” ujar Ustaz Ady Kurniawan Al Asyrofi, dalam keterangannya kepada Okezone, Senin (12/4/2021).

Berikut ini rekomendasi hal-hal yang bisa dilakukan saat berpuasa saat Ramadhan 2021.

1. Sibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat.

Dianjurkan bagi orang yang berpuasa supaya mengisi waktu luang untuk mengoptimalkan ibadah, seperti; membaca Al-qur’an, membaca buku-buku agama, mengikuti pengajian, dan berzikir.

Baca Juga : Berpuasa di Taiwan, 33 Mahasiswa Indonesia Bisa Kunjungi 4 Masjid Ternama Ini

2. Berbicaralah hal yang penting.

Semakin banyak bicara maka akan banyak hal yang tidak penting dibicarakan. Sesungguhnya Nabi tidak hanya menyarakan berpuasa dari rasa lapar dan haus, tapi juga menjaga diri dari perbuatan yang sia-sia. Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَــقُلْ خَــــيْرًا أَوْ لِيَـصـــمُــتْ

“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata yang baik atau diam.” [HR. Bukhari]

Nilai penting dari pesan hadits ini tampak dari keterkaitannya dengan aspek keimanan yang disebut di pendahuluan. Lisan merupakan bagian vital yang jika disalahgunakan efeknya bisa lebih mengerikan daripada pedang. Karenanya, Nabi mewanti-wanti soal urgensi menjaga lisan dan memberi dua pilihan saja: berkatalah yang baik atau diam.

Baca Juga : Pantau Hilal Ramadhan, 86 Lokasi di 34 Provinsi Telah Disiagakan

3. Memperbanyak dzikir, istighfar dan sholawat.

Manfaat dari dzikir ialah bisa menenangkan hati dan pikiran sehingga lisannya terjaga dari perkataan kotor atau menyakiti orang lain.

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (Qs. Surat Ar-Ra'd ayat 28 ).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Qiyamullail.

Bangun malam atau Qiyamullail saat Ramadhan sangat baik untuk stimulus hati, jiwa dan pikiran. Apalagi dengan melaksanakan sholat malam seperti sholat Tahajud, hati dan pikiran jernih dan senantiasa dalam pertolongan Allah.

Disebutkan dari Abu Hurairah رضي الله عنه bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

رَحِمَ اللهُ رَجُـلاً، قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى، وَأَيْقَظَ اِمْرَأَتَهُ فَصَلَّتْ، فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِيْ وَجْهِهَا الْمَاءَ، وَرَحِمَ اللهُ اِمْرَأَةً، قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ، وَ أَيْقَظَتْ زَوْجَهَا، فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِيْ وَجْهِهِ الْمَاءَ.

Artinya: “Semoga Allah merahmati seorang suami yang bangun di waktu malam lalu shalat dan ia pun membangunkan istrinya lalu sang istri juga shalat. Bila istri tidak mau bangun ia percikkan air ke wajahnya. Semoga Allah merahmati seorang isteri yang bangun di waktu malam lalu ia shalat dan ia pun membangunkan suaminya. Bila si suami enggan untuk bangun ia pun memercikkan air ke wajahnya”. (HR. Abu Dawud).

“Barokallohu fiikum semoga Allah menjadikan kita termasuk seorang hamba-Nya yang taat dan mendapat keberkahan bulan Ramadhan ini,” tutup Ustad Ady.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya