Begini Nikmat Dahsyatnya Bersedekah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 330 2398741 begini-nikmat-dahsyatnya-bersedekah-COrZ8HAtxg.jpg Ustaz Madroi S.Sos, Dai Cordofa Dompet Dhuafa. (Foto: Dompet Dhuafa)

JAKARTA – Di dalam ibadah, selalu ada perjuangan dan pengorbanan. Di dalam bersedekah, ada pengorbanan dalam bentuk pengorbanan harta yang harus diikhlaskan dan pengorbanan batin dalam bentuk keikhlasan hati  dalam bersedekah.

Sedekah itu termasuk ibadah yang istimewa semata-mata mengharap ridha Allah SWT melalui manusia dengan konsep saling berbagi antar sesama umat manusia dalam hal kebutuhan sehari-hari (yang dibutuhkan).

Baca Juga: Hari Kartini, Begini 4 Kemuliaan Wanita dalam Al-Quran

Ustaz Madroi S.Sos selaku Dai Cordofa Dompet Dhuafa menjelaskan, sedekah itu merupakan sebuah keistimewaan. Orang-orang yang tahu tentang keistimewaan dan dahsyatnya dalam bersedekah, mereka akan terus istiqomah dalam menjalankan ibadah tersebut. Namun sebaliknya, yang tidak tahu keistimewaan bersedekah, sampai hari tua bahkan sampai wafat ia baru merasakan betapa mulianya dan besarnya pahala orang yang bersedekah.

Orang-orang yang sudah meninggal pun ingin kembali merasakan hidup hanya untuk berbuat baik kepada sesama, menjadi orang shaleh, serta bersedekah kepada sesamanya. Hal ini sesuai dengan apa yang Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Munafiqun Ayat 10, Allah SWT telah menjelaskan :

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ

رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Dan Infaqkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: " Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?".

Baca Juga: Tahanan Polda Jatim Gelar Tadarus Al-Quran, yang Belum Lancar Dibimbing Polisi

Dia mengatakan betapa istimewanya sedekah ini, hingga orang-orang yang telah meninggal dunia pun diberi kesempatan melihat betapa dahsyatnya balasan dari bersedekah.

Ketika  merasakan keberkahan hidup di dunia dan dahsyatnya balasan bersedekah di akhirat, maka  harus belajar serta berani dalam bersedekah, jangan takut karena orang yang bersedekah rezekinya di dunia akan diganti rezekinya dengan yang lebih banyak dan berkah, serta di akhirat akan mendapatkan kemuliaan di sisi Nya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berbuat baik tentu saja akan ada halangan dan rintangannya, karena akan ada iblis yang selalu menggoda umat manusia untuk menghalangi atau menahan bersedekah karena satu dan lain hal. Ketika kita berani melakukan bersedekah, maka Allah akan gantikan itu dengan keberkahan dan rezeki yang melimpah, sebaliknya jika seseorang banyak pertimbangan dalam bersedekah, maka rezekinya akan tersendat.

Semoga Allah SWT memberikan hidayah, taufik serta kemudahan bagi kita dalam bersedekah agar senantiasa meluangkan rezeki kita untuk berbagi kepada sesama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya