Jangan Usir Anak Kecil dari Masjid Meski Terkadang Berisik

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 330 2407477 jangan-usir-anak-kecil-dari-masjid-meski-terkadang-berisik-5gGdiowZBU.jpg Anak kecil di masjid. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jangan usir anak kecil dari masjid! Ini pesan tegas yang disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Moh. Agus Salim di tengah perkembangan zaman di mana budaya dan gaya hidup masyarakat yang permisif dan semakin hedonis.

Nah, dalam situasi itu maka sudah seharusnya masjid menjadi tempat yang ramah dan menjadi daya tarik bagi generasi muda muslim dan anak-anak.

Baca Juga: Itikaf tapi Bisa Makruh, Begini Penjelasannya

Pesan itu disampaikan Moh. Agus Salim dalam tayangan “Podcast To The Point Bimas Islam” yang diunggah pada Jum’at (7/5/2021).

“Jadi kalau ada anak-anak kecil yang datang ke masjid meskipun sering berisik, tapi jangan sampai kita usir, jangan sampai menimbulkan rasa masjid tidak ramah bagi mereka, sehingga membuat mereka tidak mau lagi datang ke masjid,” kata Agus.

Baca Juga: Doa Malam Lailatul Qadar Ini Pernah Diajarkan Rasulullah SAW

Salah satu upaya yang dilakukan Kemenag bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemenppa) menggalakkan program masjid ramah anak.

“Tahun lalu sekitar ada 10 masjid yang sudah kita bantu untuk mendukung masjid ramah anak, dan insyaallah tahun ini semoga kita bisa menambah lagi, dan saat ini kami juga sudah menyiapkan bantuan 50 juta rupiah untuk satu masjid,” paparnya.

Agus menjelaskan, berdasarkan kebijakan dari Direktorat Urais Binsyar bantuan tersebut bisa bersifat program, pembinaan, dan bentuk pembangunan fisik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih jauh, Agus berharap masjid ramah anak dapat diwujudkan oleh seluruh masjid yang ada di Indoneisa, agar bisa membiasakan anak-anak datang ke masjid untuk belajar salat, belajar membaca Al-Quran, dan belajar ilmu agama.

“Terkait masjid ramah anak, suatu ketika di daerah, tidak bisa saya sebutkan nama dan lokasinya, seseorang bercerita kalau masjid yang ada di daerahnya mungkin hanya bisa bertahan 10-15 tahun kedepan, karena yang pengurus masjid dan jamaah di masjid itu tidak ada anak-anak muda, semuanya orang yang lanjut usia,” tuturnya.

Agus membayangkan, jika masjid sudah tidak digemari untuk didatangi anak-anak, kalau bukan anak muda lalu siapa yang akan mengurus dan memakmurkan masjid di masa yang akan datang.

“Oleh karena itu, kita bersama-sama anak-anak kita diberi pemahaman, dan arahan bukan berarti harus dilarang, harus kita beri pengertian jangan malah diusir dari masjid,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya