Share

Doa Malam Lailatul Qadar Ini Pernah Diajarkan Rasulullah SAW

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 23:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 330 2407467 doa-malam-lailatul-qadar-ini-pernah-diajarkan-rasulullah-saw-mnF2AAUrBQ.jpg Doa malam Lailatul Qadar. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Doa malam Lailatul Qadar, bisa diucapkan setiap muslim yang ingin memanfaatkan 10 malam terakhir Ramadhan. Bahkan doa iniย  pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk dimohonkan waktu tersisa 10 hari itu.

ย Nabi bersabda tentang keutamaan orang yang beribadah pada malam lailatul qadar:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

ย โ€œBarangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.โ€ (HR Bukhari no. 1901).

Baca Juga:ย Malam Ini All Out Berburu Malam Lailatul Qadar

Ustaz Dr Firanda Andirja MA mengatakan pada malam itu pula dianjurkan untuk membaca sebuah doa Lailatul Qadar. Dalam sebuah hadits, dari โ€˜Aisyah, ia berkata, โ€œAku pernah bertanya pada Rasulullah SAW, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa doโ€™a yang mesti kuucapkan?โ€ Nabi bersabda:ย 

ู‚ููˆู„ูู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุนูŽูููˆูŒู‘ ุชูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ูู‘ู‰

โ€œBerdoalah: Allahumma innaka โ€˜afuwwun tuhibbul โ€˜afwa faโ€™fuโ€™anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).โ€ (HR Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850)

"Maka hendaknya setiap muslim menghidupkan malam-malam tersebut. Mengisinya dengan berbagai macam ibadah mulai dari sholat, membaca Al-Quran, berdzikir, beristighfar, semua itu dilaksanakan dengan penuh keimanan dan keyakinan terhadap janji Allah. Dan lebih baik lagi jika seseorang beriโ€™tikaf di 10 hari terakhir sehingga berada dalam kondisi sempurna tatkala malam lailatul qadar," ucapnya dalam Kelas UFA dikutip Jumat (7/5/2021)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini