Tata Cara Sholat Idul Fitri Disertai Sunah-Sunah Rasul

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 330 2409703 tata-cara-sholat-idul-fitri-disertai-sunah-sunah-rasul-hKmbpi09w0.jpg Tata cara Sholat Idul Fitri. (Foto:Freepik)

JAKARTA – Pelaksanaan dan tata cara sholat Idul Fitri  umumnya sudah diketahui oleh umat Islam. Namun perlu diingatkan lagi  kembali sehingga pelaksanaanya dapat lebih sempurna.

Sholat Idul Fitri hukumnnya sunah namun sangat diajurkan. Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan mengenai tata cara salat Ied ini dalam salah satu dakwahnya, dikutip Kamis (13/5/2021).

Dia menjelaskan, salat Ied ini dikerjakan setelah terbitnya matahari, berjumlah dua rakaat. Setelah salat ini lalu dilanjutkan dengan khutbah. Dalam salat sunnah ini, ada beberapa hal yang membedakannya dengan salat wajib dan sunnah lainnya

“Setelah takbiratul ihram yang membuka salat, ditambah dengan 7 takbir yang lain. Di antara takbir dianjurkan untuk bertasbih, bertahlil ‘subhanallah, wal hamdulillah, wa laa ilahaillallah, allahuakbar’ dibaca di antaranya. Kemudian sisa solatnya sama, baca iftitah, al-Fatihah, surat, dan seterusnya,” terang Ustad Khalid Bassalamah.

Baca Juga: Setelah Ramadhan, Jangan Lupa Puasa Syawal

Kemudian di rakaat kedua salat Ied, ketika takbir intiqal yang dilakukan setelah bangun dari sujud, takbir tersebut ditambah dengan 5 takbir lainnya.

“Menambah 5 kali takbir selain takbiratul intiqal, takbir ini yaitu takbir yang waktu kita berdiri di rakaat kedua atau istilahnya takbir transisi, nah itu setelahnya kita tambah 5 kali takbir lagi. Itu saja bedanya (dengan salat lain),” tambahnya.

Dia mengatakan amalan sunnah lain yang dilakukan ketika Idul Fitri adalah makan sebelum berangkat ke mushola untuk melaksanakan salat Ied. Ada miskonsepsi di masyarakat Indonesia mengenai istilah mushola ini, yang biasanya ditujukan kepada sebuah masjid kecil.

“Sebelum ke musala untuk sholat Idul Fitri, disunnahkan makan dulu. Musala ini sebenarnya tempat kita salat Ied kalau dalam ilmu agama itu artinya lapangan luas, bahkan lebih luas daripada masjid sebenarnya. Beda kalau di Indonesia maknanya malah (tempat ibadah) kecil,” jelasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya