Begini Ciri Fisik dan Pakaian yang Disukai Rasulullah

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 614 2409976 begini-ciri-fisik-dan-pakaian-yang-disukai-rasulullah-Eb3oSOI1nd.jpg Nabi Muhammad. (Foto:Ilustrasi/Shutterstock)

JAKARTA - Para ulama banyak menulis kitab berkenaan dengan masalah bentuk fisik Rasulullah. Kitab terbaik yang dapat menjelaskannya adalah ditulis oleh al-Imam Abu 'Isa Muhammad bin 'Isa bin Saurah at-Tirmidzi yakni asy-Syamaail. Kemudian, karya itu diikuti oleh kitab-kitab para imam dan ulama-ulama lainnya.

Dilansir dari Sirah Nabi Muhammad karya Al-Hafizh Ibnu Katsir, Selasa (27/4/2021), Syaikh Abu Zakariya an-Nawawi merangkum kitab itu dalam Tahdziibnya ke dalam sebuah penjelasan ringkas yang menerangkan ciri-ciri fisik Rasulullah.

An-Nawawi menjelaskan: "Beliau tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, tidak terlau putih kulitnya dan tidak terlalu coklat, serta tidak terlalu keriting dan tidak terlalu lurus rambutnya.”

Baca Juga: Ajak Istri Pindah Agama, Willy Sekarang Malah Jadi Mualaf dan Belajar Sholat

Pada awalnya, Nabi membiarkan rambutnya terurai, tetapi kemudian beliau sering menyisirnya menjadi belah tengah. Beliau juga menyisir rambut dan merapikan jenggotnya. Setiap malam beliau menggunakan celak itsmid pada kedua matanya sebanyak tiga polesan, yaitu ketika hendak tidur.

Rasulullah bertubuh bagus dan memiliki bidang bahu yang lebar. Panjang rambut Nabi sampai ke bahu, sesekali paniang rambutnya hingga ke batas daun telinga, bahkan sekali waktu mencapai pertengahan telinga. Beliau memiliki jenggot yang tebal, telapak tangan yang lebar, jari-jari yang besar, serta kepala yang bidang dan persendian yang kuat.

Baca Juga: Kisah Menjadi Mualaf Dialami Abu Bakar, Percaya pada Islam karena Mimpi Tidur

Wajah Rasulullah agak bulat, kedua kelopak matanya berwarna ad'aj (hitam pekat). berbulu mata panjang, kemerahan bagian depan dan bagian belakang bola matanya, dan memiliki masrabah, yaitu bulu-bulu halus di bagian dada hingga pusar seperti tongkat. Kalau berjalan, beliau mengangkat kakinya seolah-olah turun dari shabab, yakni berjalan dengan gagah. Arti shabab di sini adalah tempat menurun.

Wajah Nabi bercahaya bagaikan cahaya bulan di malam purnama, seolah wajah beliau itu benar-benar seperti bulan. Beliau memiliki suara yang bagus, pipi yang agak pipih, mulut yang dhali serta dada dan perut yang rata.

Bahu dan lengan beliau berbulu, dada beliau membusung, kedua pundak beliau tinggi, dan dadanya bidang. Beliau pun memiliki celah mata yang panjang, juga tumit yang berdaging sedikit.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pakaian yang paling disukai Nabi adalah gamis, khususnya yang berwarna putih, dan kain hibarah, yakni sejenis kain beludru yang berwarna kemerahan. Baju beliau memanjang hingga pergelangan tangan.

Suatu ketika beliau mengenakan pakaian merah, kain, dan selendang. Pada kesempatan lain, beliau mengenakan dua potong pakaian berwarna hijau. Beliau mengenakan jubah yang berlengan sempit pada waktu lainnya.

Pada lain kesempatan, beliau mengenakan qabaa' (jenis pakaian luar) atau memakai sorban hitam dan menjulurkan kedua ujungnya ke atas pundak. Terkadang beliau juga mengenakan sarung hitam, cincin, khuff, dan sandal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya