Idul Fitri Masih di Rumah Saja, Yuk Rayakan dengan 5 Cara Seru Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 614 2410051 idul-fitri-masih-di-rumah-saja-yuk-rayakan-dengan-5-cara-seru-ini-DW2wIFvL0L.jpg Lebaran di rumah. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia dan dunia. Idul Fitri 1442 Hijriah pun tidak bisa dilakukan secara leluasa, masih diimbau Lebaran di rumah saja. Tapi jangan khawatir, ada sederet cara seru merayakan Lebaran tahun ini.

Apa saja cara seru tersebut? Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini, sebagaimana dilansir laman Halalzilla.

1. Menata ulang rumah

Supaya suasana Lebaran tetap kental terasa, salah satu yang bisa dilakukan ialah menata ulang rumah agar terasa lebih fresh dan baru. Jika biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri kita bersih-bersih rumah, nah sekalian kita bisa mungkin memindahkan sofa, mengatur ulang kembali posisi rak di ruang tamu, memindahkan posisi meja makan, hingga menambah dekorasi di ruang makan dan sebagainya.

Baca Juga: Setelah Ramadhan, Jangan Lupa Puasa Syawal

2. Sajikan makanan dan kue khas Lebaran

Kurang afdal kan jika merayakan Lebaran tanpa sajian makanan dan kue-kue khas Lebaran? Maka itu, mumpung di rumah saja inilah waktunya kita berkreasi di dapur memasak sederet hidangan khas Idul Fitri seperti rendang, opor ayam, ketupat, sambal goreng ati, hingga kue-kue khas Lebaran, contohnya nastar, kastengel, lidah kucing, putri salju, dan sebagainya. Jika kurang ahli memasak, bisa beli secara daring juga loh!

3. Takbiran secara daring (online)

Jika biasanya kita bisa berkeliling takbiran dari malam terakhir berpuasa hingga keesokan paginya. Nah meski sedang PSBB, kita tetap bisa takbiran dengan cara takbiran online. Manfaatkan berbagai saluran yang ada di televisi, radio, atau Youtube atau Instagram Live yang bisa disetel di rumah sehingga suasana takbiran Lebaran masih bisa terasa.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri Disertai Sunah-Sunah Rasul

4. Kirim THR online

Salah satu tradisi Lebaran masyarakat Indonesia adalah memberikan THR. Saat Lebaran ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu, terutama oleh anak-anak kecil. Meski tak bertemu untuk memberikan amplop THR secara langsung, kita tetap bisa memberika THR secara online alias nontunai melalui berbagai aplikasi dompet digital yang tersedia. Cepat dan mudah bukan.

5. Silahturahmi online

PSBB membuat kita tak bisa keliling berkunjung ke rumah sanak keluarga dan kumpul-kumpul bersama para sahabat saat Lebaran. Tenang, kita tetap bisa melakukan silahturahmi online dengan kunjungan virtual. Manfaatkan teknologi video call dan teleconference di banyak aplikasi seperti Zoom, Google Hangout, dan sebagainya. Anda tinggal janjian di waktu tertentu bersama anggota keluarga lain.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya