Viral Marah-Marah ke Kurir COD, Yuk Cegah dengan Sabar

Hantoro, Jurnalis · Kamis 20 Mei 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 330 2412867 viral-marah-marah-ke-kurir-cod-yuk-cegah-dengan-sabar-lpxwGtPTzS.jpg Ilustrasi sabar. (Foto: Unsplash)

BELAKANGAN ini banyak beredar kabar viral sejumlah orang marah-marah ke kurir COD atau cash on delivery. Bahkan ada yang sampai mencaci maki kurir tersebut atau melakukan tindakan fisik. Ini tentu sangat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dari sisi ajaran agama Islam, kondisi marah-marah ini sebenarnya bisa dihindari dengan mengedepankan rasa sabar. Memiliki sifat sabar akan membuat seseorang bisa meredam emosi, termasuk mencegah emosi terhadap kurir COD yang belakangan banyak terjadi.

Baca juga: Viral Bapak-Bapak Tarik Jaket Kurir saat COD, Netizen pun Geram 

Seperti dirangkum dari laman Muslim.or.id, Kamis (20/5/2021), banyak keuntungan jika memiliki sifat sabar. Pasalnya, sabar adalah kunci keberhasilan.

Syekh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin Rahimahullah berkata, "Allah memerintahkan agar kita meminta pertolongan dalam setiap hal dengan bersabar dalam menghadapinya. Seorang hamba jika bersabar dan menunggu keberhasilan yang Allah berikan maka niscaya masalah yang dihadapinya akan menjadi ringan. Jika engkau mendapat suatu musibah maka engkau butuh bersabar dalam menghadapinya. Bersabarlah dan peganglah janji Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabda beliau:

واعلم أن النصر مع الصبر، وأن الفَرَج مع الكرب، وأنّ مع العسر يسراً

"Dan ketahuilah, sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan itu akan datang kemudahan." (HR Ahmad, sahih) (Syarh Riyadhus Shalihin)

Baca juga: Dihujat Netizen, Emak-emak yang Mencaci Maki Kurir Diinfus 

Ayat tersebut menunjukkan secara khusus keutamaan sabar, karena sabar menjadi sebab datangnya pertolongan Allah Subhanahu wa ta'ala dari berbagai penderitaan dan musibah.

Para ulama menjelaskan bahwa kesabaran mencakup tiga hal: (1) Sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, (2) Sabar dalam meninggalkan maksiat, dan (3) Sabar dalam menghadapi takdir Allah. (Tafsir Al Baqarah ayat 45)

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya