Share

Jangan Malu dan Malas, Hari Libur Membantu Pekerjaan Istri di Rumah Amalan Sunah

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 22 Mei 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 330 2413785 jangan-malu-dan-malas-hari-libur-membantu-pekerjaan-istri-di-rumah-amalan-sunnah-JSbMLTEyXc.jpg Membantu pekerjaan istri. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Akhir pekan Sabtu dan Minggu ini dapat dimanfaatkan para suami untuk menghidupkan sunnah Rasul membantu pekerjaan istri di rumah. Jadi jangan malu untuk melakukannya.

Nabi Muhammad SAW pun tanpa sungkan membantu pekerjaan istrinya seperti mengangkat ember, menjahit baju dan memperbaiki sandal istrinya yang rusak.ย 

Mungkin selama ini sebagian suami merasa enggan atau malu membantu pekerjaan istri. Padahal amalan sunah ini menjanjikan pahala walaupun hanya sedikit saja membantu pekerjaan istri.

Beberapa suami bisa jadi cuek terhadap pekerjaan istri di rumahnya apalagi istri pekerjaannya sangat banyak dan anak-anak juga banyak yang harus diurus dan dididik.

Merupakan kebiasaan dan sunnah Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam membantu pekerjaan istrinya di rumah.

โ€˜Aisyah radhiallahu โ€˜anha berkata,ย 

ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ู…ูู‡ู’ู†ูŽุฉู ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ููŽุฅูุฐูŽุง ุญูŽุถูŽุฑูŽุชู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ู‚ูŽุงู…ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู

โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dalam kesibukan membantu istrinya, dan jika tiba waktu sholat maka beliaupun pergi shalatโ€ (HR Bukhari).

"Hal ini merupakan sifat tawaadhuโ€™ (rendah hati) Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dan mencontohkannya pada manusia, padahal beliau adalah seorang pimpinan dan qadhi tertinggi kaum muslimin," kata Ustaz dr Raenul Bahraen.

Bisa jadi ada suami yang merasa diri menjadi rendah jika melakukan perbuatan dan pekerjaan rumah tangga karena ia adalah orang besar dan berkedudukan bahkan bos di tempat kerjanya.

Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah berkata menjelaskan hadits ini,ย 

ู…ู† ุฃุฎู„ุงู‚ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ุงู„ุชูˆุงุถุน ุŒ ูˆุงู„ุจุนุฏ ุนู† ุงู„ุชู†ุนู… ุŒ ูˆุงู…ุชู‡ุงู† ุงู„ู†ูุณ ู„ูŠุณุชู† ุจู‡ู… ูˆู„ุฆู„ุง ูŠุฎู„ุฏูˆุง ุฅู„ู‰ ุงู„ุฑูุงู‡ูŠุฉ ุงู„ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ

โ€œDi antara akhlak mulia para nabi adalah tawaadhuโ€™ dan sangat jauh dari suka bersenang-senang (bermewah-mewah) dan melatih diri untuk hal ini, agar mereka tidak terus-menerus berada pada kemewahan yang tercela (mewah tidak tercela secara mutlak).โ€ (Fathul Bari kitab adab hal. 472)

"Membantu istri bisa dilakukan dengan pekerjaan sederhana, terkadang membantu hal yang sederhana saja sudah membuat senang dan bahagia para istri, semisal menyapu emperan saja, mencuci piring dan lain-lainnya," ujarnya sebagaimana melansir laman Muslim or id pada Sabtu (22/5/2021)

Dalam hadits lainnya, โ€˜Aisyah radhiallahu โ€˜anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam mengerjakan hal-hal sederhana untuk membantu istri-istri beliau semisal mengangkat ember dan menjahit bajunya.ย 

ุนู† ุนุฑูˆุฉ ู‚ุงู„ ู‚ูู„ู’ุชู ู„ูุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ูŠูŽุง ุฃูู…ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ุฃูŠ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุตู’ู†ูŽุนู ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽูƒู ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู…ูŽุง ูŠูŽูู’ุนูŽู„ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ูููŠ ู…ูู‡ู’ู†ูŽุฉู ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูŠูŽุฎู’ุตููู ู†ูŽุนู’ู„ูŽู‡ู ูˆูŽูŠูุฎููŠู’ุทู ุซูŽูˆู’ุจูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽุฑู’ููŽุนู ุฏูŽู„ู’ูˆูŽู‡ู

Urwah berkata kepada Aisyah, โ€œWahai Ummul Mukminin, apakah yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam jika ia bersamamu (di rumahmu)?โ€, Aisyah berkata, โ€œIa melakukan (seperti) apa yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian jika sedang membantu istrinya, ia memperbaiki sendalnya, menjahit bajunya, dan mengangkat air di emberโ€ (HR Ibnu Hibban).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini