Sebelum Kakbah, Masjid Al Aqsa Menjadi Kiblat Sholat Pertama

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 27 Mei 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 614 2415742 sebelum-kakbah-masjid-al-aqsa-menjadi-kiblat-sholat-pertama-GfaQdNN41s.jpg Masjid Al Asqa di Palestina. (Foto: Iqna)

JAKARTA - Matahari akan tepat di atas Kakbah pada  Kamis (27/5) siang ini atau pukul 12:18 waktu Arab Saudi. Pada saat itulah waktu yang tepat untuk meluruskan kembali arah kiblat.

Sebelum Kakbah di Kompleks Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi menjadi arah kiblat sholat, adalah Masjid Al Aqsa di Palestina merupakan kiblat pertama umat Islam.

Awalnya Masjid Al-Aqsa menjadi kiblat umat muslim pada generasi pertama, ini berlaku hingga 17 bulan setelah hijrah. Hingga akhirnya kini dialihkan ke Kakbah di Komplek Masjidil Haram, Makkah Al-Mukarromah.

Al Aqsa juga merupakan masjid kedua yang dibangun di dunia. Sebagaimana dalam salah satu riwayat hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Masjid Al Aqsa, Saksi Bisu Konflik Israel-Palestina

"Aku bertanya, Wahai Rasulullah, masjid manakah yang pertama kali dibangun?" Beliau menjawab "Masjidil Haram". Aku bertanya lagi "Kemudian (Masjid) mana ?" Beliau menjawab, "Kemudian Masjidil Aqsa". Aku bertanya lagi "Berapa jarak (pembangunan) antar keduanya ?" Beliau menjawab "Empat puluh tahun". (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Sejarah Masjid Al-Aqsa, Situs Suci dan Warisan Dunia yang Terancam

Selain itu, Masjid Al-Aqsa juga memiliki kaitan erat dengan para Nabi, serta tokoh Bani Israil yang juga disucikan dan dihormati dalam ketiga agama lainnya.

"Masjidil Aqsa juga merupakan salah satu tempat Rasulullah SAW dalam perjalanan Isra dan Mikraj. Dalam as-Sirah, ketika menjelaskan peristiwa Isra Mi'raj, Ibnu Ishaq mengatakan, 'Rasulullah SAW lalu diperjalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yaitu Baitul Maqdis di Ilya'," ujar Direktur Pusat Studi Alquran (PSQ) Jakarta, Prof KH Muchlis M Hanafi kepada Okezone beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kemudian pada akhirnya, Allah SWT memindahkan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram yaitu ke arah Kakbah di Makkah. Sampai saat ini Kakbah menjadi tujuan utama ibadah haji dan umrah, serta arah sholat umat Islam di seluruh dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya