Ini Masjid-Masjid di Jakarta yang Menggelar Sholat Gerhana Bulan Total

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 614 2415782 ini-masjid-masjid-di-jakarta-yang-menggelar-sholat-gerhana-bulan-total-iJMwPkirZM.jpg Masjid Istiqlal malam ini menggelar Sholat Gerhana Bulan Total. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

GERHANA bulan total (GBT) atau Super-Blood Moon akan muncul nanti malam, Rabu (26/5/2021). Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), visualnya akan terlihat jelas jika cuaca cerah berawan. Masyarakat pun boleh melihat langsung fenomena alam tersebut tanpa perlu memakai kacamata gerhana.

Selain menyaksikan keindahan gerhana bulan total, khusus umat Islam, Kementerian Agama menyarankan agar melakukan Sholat Gerhana. Tuntunan Sholat Gerhana di tengah pandemi covid-19 pun sudah dikeluarkan Kemenag.

Baca juga: Tidak Melihat Langsung Gerhana, Wajibkah Melaksanakan Sholat? 

Dijelaskan bahwa dengan mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka Sholat Gerhana Bulan Total bisa dilakukan pada rentang setelah Sholat Maghrib sampai selesai gerhana yaitu pukul 18.09 WIB hingga 20.51 WIB.

"Karena masih pandemi, Sholat Gerhana agar diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan disiplin 5M: Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Mengurangi mobilitas, dan Menghindari kerumunan," ungkap Kamaruddin Amin, direktur jenderal bimas Islam Kemenag, belum lama ini.

Lebih lanjut jika Anda ingin melakukan Sholat Gerhana di masjid, MNC Portal merekomendasikan tiga masjid ini yang secara terbuka menyelenggarakannya. Di mana saja?

Ilustrasi sholat. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

1. Masjid Istiqlal

Salah seorang pengurus Masjid Istiqlal membenarkan bahwa nanti malam Sholat Gerhana akan dibuka untuk umum.

"Iya (di Masjid Istiqlal) ada Sholat Gerhana antara waktu Maghrib dan Isya. Tata cara dan pelaksanaannya sendiri seperti Sholat Gerhana pada umumnya. Ini terbuka untuk umum, namun diharapkan agar masyarakat yang hadir ke masjid mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan di sini," katanya.

Baca juga: Ini Waktu Pelaksanaan dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Total 

2. Masjid Agung Al Azhar

Masjid yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja Nomor 1 RT 02 RW 01, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ini pun mempersilahkan masyarakat datang untuk menunaikan Sholat Gerhana Bulan Total.

Menurut informasi yang diterima, Sholat Gerhana akan dilangsungkan pada waktu bakda Sholat Maghrib dengan khatib H Mukhtar Ibnu MPd dan Imam H Achmad Khotib SQ MA. Lokasi Sholat Gerhana dilangsungkan di Ruang Utama Masjid Agung Al Azhar.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Jika Anda tinggal di kawasan Jakarta Pusat dan sekitarnya, Sholat Gerhana bisa dilakukan berjamaah di Masjid Agung Sunda Kelapa yang berlokasi di Jalan Taman Sunda Kelapa Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat.

Sama seperti lokasi lainnya, Sholat Gerhana di Masjid Agung Sunda Kelapa dilangsungkan bakda Sholat Maghrib. Secara detail, Sholat Gerhana di sini akan dilakukan mulai pukul 18.22 WIB.

Petugas Sholat Gerhana di Masjid Agung Sunda Kelapa antara lain Ustadz Amin (imam rawatib), Syekh Essam Almezjajy (imam Sholat Gerhana), Ustadz Luthfi Fathullah (khatib), Ustadz Hamsan (muadzin), dan Agung (MC).

Baca juga: Besok Gerhana Bulan Total, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Kaum Muslimin 

Gerhana bulan. (Foto: NASA)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya