Ukhti, Ini Lho 3 Kriteria Calon Suami yang Baik buat Kamu

Pristia Astari, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 616 2423647 ukhti-ini-lho-3-kriteria-calon-suami-yang-baik-buat-kamu-3QpayaaLAD.jpg Ilustrasi calon suami. (Foto: Unsplash)

BANYAK Muslimah mendambakan bisa segera menikah. Berharap membangun mahligai rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan rahmah. Tapi hal yang penting diperhatikan adalah kriteria calon suami yang baik.

Wajar saja jika ukhti menentukan calon suami impian, tapi harus dalam batas wajar dan logis. Carilah calon suami yang baik agama dan akhlaknya.

Baca juga: 3 Adab Penting saat Khotbah Jumat, Yuk Dikerjakan 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وقد قال صلى الله عليه وسلم: ” إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوه تكن فتنة في الأرض وفساد كبير” رواه الترمذي وغيره.

Artinya: "Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Kalau tidak, akan terjadi fitnah (bencana) dan kerusakan yang besar di muka bumi." (HR At-Tirmidzi)

Ini dia tiga kriteria calon suami yang baik berdasarkan ajaran Islam, sebagaimana dikutip dari laman About Islam.

Muslimah. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Ketika Sholat Zuhur Terlambat 30 Menit di Masjidil Haram Makkah 

1. Karakter yang baik

Tolok ukur karakter seorang pria yaitu bagaimana memperlakukan keluarganya sendiri, atau bahkan memperlakukan seseorang secara adil dan dengan rasa hormat.

Lalu bagaimana saling berinteraksi dengan banyak orang, harus selalu baik dan memberikan empatinya. Kemudian selalu berlaku jujur.

2. Bertanggung jawab

Seorang calon suami wajib memiliki sifat bertanggung jawab. Ia berkomitmen memberikan nafkah lahir dan batin kepada keluarganya.

Istri serta anaknya kelak tidak akan dibiarkan telantar atau dalam keadaan kesusahan. Inilah calon suami yang baik menurut ajaran Islam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Daya tarik

Seorang ahli hukum Islam yang terkenal, Ibn Abidin, mengatakan, "Seseorang seharusnya tidak menikahi anak wanitanya dengan lelaki tua atau jelek, tetapi dia harus menikahinya dengan yang serupa."

Wanita yang menikah dengan suami idamannya akan merasakan perjalanan rumah tangga yang baik. Beban hidup akan bisa diminimasilasi.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Jual-Beli saat Waktu Sholat Jumat, Bagaimana Hukumnya? 

Muslimah. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya