Share

6 Hadits tentang Wanita dan Kemuliaannya dalam Islam

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 330 2681110 6-hadits-tentang-wanita-dan-kemuliaannya-dalam-islam-ut3vxTaBpN.jpg Ilustrasi hadits tentang wanita dan kemuliaannya dalam Islam. (Foto: Shutterstock)

KETAHUI 6 hadits tentang wanita dan kemuliaannya dalam Islam berikut ini. Diketahui bahwa wanita dalam pandangan Islam sangatlah mulia. Bahkan, kemuliaan wanita kerap disebut dalam ayat-ayat suci Alquran.

Tidak berhenti sampai di situ, keistimewaan wanita juga dijelaskan dalam sejumlah hadits. Berikut 6 hadits tentang wanita dan kemuliaannya dalam Islam, sebagaimana telah Okezone himpun. 

BACA JUGA:Contoh Hadits Lengkap Sanad Matan dan Rawi 

1. Janji surga untuk wanita salihah

Wanita yang taat agama, dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk masuk surga lewat pintu mana saja.

"Jika wanita mengerjakan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, memelihara kemaluannya, dan menaati suaminya, maka dikatakan kepadanya (pada hari Kiamat): 'Masuklah ke surga dari pintu mana pun yang kamu suka'."

2. Meninggal saat melahirkan termasuk syahid

Ketika wanita meninggal dunia saat anak masih dalam kandungan maupun proses melahirkan, dirinya mendapat jaminan mati syahid.

"Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah. Orang yang mati karena thaun, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena terluka parah di dalam perutnya, syahid. Orang yang mati sakit perut, syahid. Orang yang mati terbakar, syahid. Orang yang mati karena tertimpa benda keras, syahid. Dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya." (HR Abu Dawud, dishahihkan Syekh Al Albani)

BACA JUGA:5 Keutamaan Sedekah Menurut Al-Quran dan Hadits 

3. Surga di telapak kaki ibu

"Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: 'Wahai Rasulullah, siapakah yang seharusnya aku harus berbakti pertama kali? Rasulullah memberikan jawaban dengan ucapan 'Ibumu' sampai diulangi tiga kali, kemudian yang keempat ia mengatakan 'Ayahmu'." (HR Bukhari) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Harus mendapat perlakuan lembut

Perlakuan untuk wanita pun sangat dipikirkan dalam ajaran agama Islam. Sikap lemah lembut harus ditunjukkan kepada makhluk bernama wanita.

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia mengganggu tetangganya, dan berbuat baiklah kepada wanita. Sebab, mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau meluruskannya, maka engkau mematahkannya dan jika engkau biarkan, maka akan tetap bengkok. Oleh karena itu, berbuat baiklah kepada wanita." (HR Bukhari)

5. Perhiasan dunia

Saking istimewanya seorang wanita, sampai-sampai ada sebuah hadis yang menyebut para istri adalah perhiasan dunia.

"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang salihah." (HR Muslim)

6. Lebih baik dari bidadari surga 

Sebuah hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengatakan sosok wanita lebih utama ketimbang para bidadari cantik penghuni surga.

"Dalam hadits disebutkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat'."

Demikian penjelasan mengenai 6 hadits tentang wanita dan kemuliaannya dalam Islam. Semoga jelas dan memberikan manfaat. Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini