Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Hewan yang Paling Baik Dijadikan Kurban

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 330 2426191 ustadz-khalid-basalamah-ungkap-hewan-yang-paling-baik-dijadikan-kurban-hieeWJUm55.jpg Ustadz Khalid Basalamah. (Foto: YouTube Ammar TV)

UMAT Islam di seluruh penjuru dunia tidak lama lagi memperingati hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi. Dalam momentum yang juga dikenal sebagai Lebaran Haji ini kaum Muslimin akan berlomba-lomba menunaikan amal ibadah, salah satunya menyembelih hewan kurban.

Menyembelih hewan kurban merupakan amalan yang paling disunahkan. Ini pertama kali dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissallam sebagai bentuk ketakwaan, keikhlasan, dan syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Kemudian bagi kaum Muslimin yang ingin berkurban, segera menyiapkan hewan ternak yang akan disembelih. Hewan tersebut bisa berupa sapi, kerbau, kambing, atau domba. Sapi atau kerbau bisa untuk maksimal 7 orang. Sedangkan sapi atau domba hanya untuk 1 orang.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Tampil di Podcast Deddy Corbuzier Ditonton 3,5 Juta Orang 

Lantas, mana apa yang paling baik untuk dijadikan hewan kurban?

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan kambing atau domba lebih afdhal disembelih untuk kurban ketimbang sapi atau unta. Kenapa?

"Karena Nabi Shallallahu alaihi wassallam berkurban dengan kambing dan domba," jelas Ustadz Khalid dalam video di kanal YouTube-nya, sebagaimana Okezone kutip.

Hewan kurban. (Foto: Okezone)

Ia mengatakan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memilih berkurban domba hingga puluhan ekor tiap hari raya Idul Adha. Padahal, kondisi ekonomi Rasulullah sangat mampu untuk menyembelih unta. Beliau memiliki unta-unta terbaik sebagai tunggangan dirinya dan istrinya saat itu.

"Nabi Shallallahu alaihi wassallam saat itu menyembelih domba. Beliau menyembelih 65 ekor untuk Beliau sendiri," ungkap Ustadz Khalid Basalamah.

Baca juga: Dengar Ceramah Ustadz Khalid Basalamah, Netizen: Hati Langsung Sejuk 

Dia menyebut domba yang disembelih Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berwarna putih dan hitam. Jadi jika mau lebih afdhal dalam berkurban, Ustadz Khalid menyarankan silakan menyembelih kambing atau domba warna putih dan hitam seperti dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Daging kambing atau domba adalah salah satu makanan kesukaan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, sehingga dianjurkan untuk dimakan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Khalid Basalamah menerangkan, dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sangat gemar memakan paha kambing.

"Jadi kalau seorang muslim/muslimah makan kambing karena ingin ikuti Nabi yang gemar makan kambing, itu pahala," ujar Ustadz Khalid.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Angkat Bicara, Bantah Tudingan Larang Lagu Nasional Indonesia Raya 

Ia melanjutkan, kambing juga memiliki keistimewaan, karena pada akikah yang disembelih juga kambing atau domba, tidak boleh hewan lain. Untuk anak laki-laki akikahnya 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing.

"Dan disunahkan makan sebagian dari dagingnya, berarti ada anjuran makan kan? Ini tidak berlaku bagi hewan lain," sebut Ustadz Khalid.

Baca juga: 3 Golongan Manusia yang Tak Diajak Bicara oleh Allah di Hari Kiamat 

Sementara sapi atau kerbau tetap bisa dikurbankan maksimal untuk 7 orang. "Kalau misalnya 1 sapi ada 3 orang, ya bisa juga, enggak usah paksain lagi cari orang. Makin sedikit orang, makin besar pahalanya," tegasnya.

Ustadz Khalid menekankan bahwa menyembelih hewan kurban hukumnya sunah. Tapi, ia menilai kurban hukumnya wajib bagi orang mampu. Maka jika dia mampu secara ekonomi, namun tidak mau berkurban, maka berdosa, karena itu perintah langsung dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ustadz Khalid Basalamah pun mengutip dalil perintah kurban dalam Surah Al Kautsar Ayat 2:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Fasallili rabbika wanhar

Artinya: "Dirikanlah sholat karena Tuhanmu; dan berkubanlah."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Cara Raih Pahala Ekstra dengan Mengemas Amal Saleh 

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya