Viral Matahari Terbit dari Utara, Ustadz Ainul Yaqin: Jangan Selalu Dikaitkan dengan Kiamat

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 330 2427267 viral-matahari-terbit-dari-utara-ustadz-ainul-yaqin-jangan-selalu-dikaitkan-dengan-kiamat-Q0XSHlTz79.jpg Ilustrasi matahari. (Foto: Freepik)

VIRAL video matahari terbit dari utara. Fenomena ini diketahui terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada Kamis 17 Juni 2021 pagi. Video amatir tersebut direkam salah seorang guru dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binanamu Jeneponto.

Kemudian ada yang mengklaim bahwa terbitnya matahari dari utara itu sebagai salah satu tanda kiamat. "Dengan situasi ini merupakan satu isyarat satu waktu nanti matahari akan terbit dari sebelah barat," kata pria tersebut.

Baca juga: Viral! Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto Sulsel Dikaitkan dengan Kiamat 

Menanggapi fenomena ini, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan seharusnya disikapi dengan kepala serta hati yang tenang dan sesuai yang diimani.

"Yakinkan pada diri bahwa ini adalah sesuatu yang berangkat dari ketetapan Allah, dan ketetapan Allah adalah bagian dari kekuasaan atau bentuk kewenangannya, hal yang harus kita imani," katanya saat dihubungi MNC Portal, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Berikut Penjelasan BMKG Terkait Viral Matahari di Jeneponto Terbit dari Utara 

Suatu fenomena alam seperti matahari terbit dari utara, kata Ustadz Ainul Yaqin, selain sudah dipelajari dalam ilmu astronomi juga telah dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Jadi jangan selalu mengaitkan dengan kiamat, di mana hari tersebut tidak ada satu orangpun yang tahu kapan datangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

قَالَ: لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا. فَإِذَا طَلَعَتْ مِنْ مَغْرِبِهَا آمَنَ النَّاسُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ، ﴿ فَيَوْمَئِذٍ لاَ يَنْفَعُ نَفْسا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرا

Artinya: "Tidak akan terjadi kiamat sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya, apabila ia telah terbit dari barat dan semua manusia melihat hal itu maka semua mereka akan beriman, dan itulah waktu yang tidak ada gunanya iman seseorang yang belum pernah beriman sebelum itu." (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Viral Matahari Terbit dari Utara, Benarkah Tanda Kiamat? 

"Bahwa hal tersebut adalah bagian pergerakan bumi yang mengelilingi matahari atau biasa disebut revolusi bumi sehingga posisi dari matahari, seakan-akan terlihat terbit di utara. Sesuai apa yang menjadi garis ketetapan Allah dalam Alquran tentang matahari," terang Ustadz Ainul Yaqin.

Penjelasan tentang peredaran dan garis matahari telah tertulis dalam Alquran, yakni dalam Surah Yassin Ayat 38. Allah Subahanahu wa ta'ala berfirman:

وَٱلشَّمْسُ تَجْرِى لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ۚ ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ ٱلْعَزِيزِ ٱلْعَلِيمِ

Artinya: "Dan beredarnya matahari pada garis edarnya (secara teratur sejak awal hingga kini). Itulah pengaturan (Allah Subhanahu wa ta'ala) Yang Maha Perkasa, lagi Maha Mengetahui." (QS Yasin: 38)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kuliner Halal di Jawa Barat, Unik dan Rasanya Lezat 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya