5 Keistimewaan Masjid Istiqlal, Pintu Gerbang Bermakna 7 Lapis Langit

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 615 2427318 5-keistimewaan-masjid-istiqlal-pintu-gerbang-bermakna-7-lapis-langit-pkHpRCcjDu.jpg Masjid Istiqlal. (Foto: Instagram @alivikry)

SETIAP orang pasti sudah tahu dengan Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Dengan luas bangunan serta kemegahannya, menjadikan Istiqlal sebagai masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Berdiri berdampingan dengan Gereja Katedral yang tepat berada di seberangnya, Masjid Istiqlal menjadi simbol toleransi antar-umat beragama di Indonesia.

Selain itu, terdapat beberapa hal menarik serta keistimewaan lainnya dari Masjid Istiqlal yang menarik untuk diketahui.

Apa saja keistimewaan Masjid Istiqlal tersebut? Simak penjelasannya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Sejarah Masjid Istiqlal: Digagas KH Wahid Hasyim, Soekarno Tentukan Lokasinya 

1. Filosofi bangunan

Usut punya usut, setiap sudut bangunan masjid ternyata memiliki makna tersendiri yang melambangkan tentang nilai ketuhanan dalam Islam serta kemerdekaan Indonesia. Bagian pertama adalah adanya tujuh pintu gerbang di Masjid Istiqlal yang bermakna 7 lapis langit seperti yang disebutkan dalam kitab suci Alquran.

Selain itu, kubah masjid yang memiliki diameter sebesar 45 meter merupakan pemaknaan dari tahun kemerdekaan Indonesia yaitu tahun 1945.

Adapun 12 tiang kokoh yang terdapat di ruang utama masjid diartikan sebagai tanggal kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam yaitu tanggal 12 Rabiul Awal.

Baca juga: Sejarah Masjid Istiqlal: Dibangun di Taman Wilhelmina Bekas Benteng Belanda 

2. Diarsiteki oleh non-Muslim

Sebagai tempat beribadah umat Islam, ternyata Masjid Istiqlal justru diarsiteki oleh sosok yang bukan beragama Islam atau non-Muslim. Adalah Frederich Silaban, pria asal Sumatera Utara yang beragama Kristen Protestan dan merupakan sosok di balik megahnya bangunan Masjid Istiqlal.

Frederich terpilih setelah memenangkan sayembara desain masjid yang diumumkan pada 5 Juli 1955. Pemilihan Frederich Silaban ini juga menjadi salah satu bukti dan simbol terhadap toleransi beragama yang ada di Indonesia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Terdapat fasilitas olahraga

Berkat luasnya Kompleks Masjid Istiqlal, maka dibangunlah beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung ataupun jamaah masjid. Salah satunya adalah fasilitas olahraga.

Berada di bagian pojok kiri arah timur masjid, beberapa fasilitas olahraga yang terdapat di Masjid Istiqlal adalah lapangan futsal, lapangan voli, lapangan bulu tangkis, hingga lapangan basket.

Adapun fasilitas olahraga tersebut merupakan salah satu bagian dari proyek renovasi masjid yang diresmikan pada 17 Januari 2009.

Masjid Istiqlal. (Foto: Setkab)

Baca juga: Masya Allah, Masjid-Masjid di Bandung Dilengkapi Mesin Air Siap Minum Gratis 

4. Lift bagi difabel dan lansia

Bukan hanya fasilitas olahraga, salah satu keistimewaan Masjid Istiqlal dari segi fasilitas adalah adanya lift khusus yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas serta kaum lansia yang tentu tidak semua masjid terdapat fasilitas serupa.

Adapun lift berada di bagian selatan masjid yang dapat diakses melalui Pintu Ar-Rahman dan memiliki kapasitas hingga 6 orang. Pengoperasian lift dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai kebutuhan.

5. Beduk raksasa tradisional

Salah satu bangunan yang menjadi daya tarik dari Masjid Istiqlal adalah pengunjung dapat menjumpai beduk tradisional sebagai alat penanda memasuki waktu sholat yang berukuran jumbo.

Dengan ukuran mencapai 3,5 meter dan berat hingga 2 ton, beduk raksasa tersebut ditopang oleh kayu khusus yang juga memiliki keistimewaan dari segi ukiran, yaitu memiliki ukiran khas Jawa serta Kaligrafi Arab sekaligus.

Baca juga: Unik! Di Rest Area Tol Pandaan-Malang Ada Masjid Trapesium 

Masjid Istiqlal. (Foto: Setkab)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya