Polularitas Ibarat Semu Melihat Genangan Madu, Mendekat dan Tenggelam

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 330 2429671 meraih-polularitas-ibarat-semu-melihat-genangan-madu-mendekat-dan-tenggelam-qLTxNhM3oH.jpg Popularitas seperti semut melihat madu. (Foto: Freepik)

POPULARITAS dan ketenaran akan perlahan-lahan menyeret pelakunya  dalam ketidakikhlasan ketika  beramal. Setiap melakukan suatu kebaikan, bisa saja kita terdorong untuk memamerkan dan memperlihatkan amalan kita agar kita semakin terkenal. Padahal perkara ikhlas dan niat ini sangat berat.

Sebagian orang mungkin sengaja mencari popularitas dan ketenaran. Sebagian manusia memang ada yang sangat cinta dengan ketenaran dan popularitas. Ada yang mencarinya dengan prestasinya dan ilmunya sehingga manfaatnya dirasakan oleh orang banyak dan iapun menjadi terkenal.

"Ada juga yang mencari ketenaran dengan melakukan hal-hal yang sangat aneh, atau sangat konyol atau sangat ekstrim," tulis Ustaz Raenul Bahraen dalam akun Instagramnya dikutip pada Rabu (23/6/2021).

Baca Juga:  Datangi Praktik Dukun hingga Peramal Ganjarannya Mengerikan

Perlu diketahui bahwa bimbingan Islam adalah sebaliknya, yaitu hendaknya kita menghindari atau menjauhi sebiasa mungkin untuk menjadi tenar atau populer.

Ketenaran ini bisa merampas “kemerdekaan” diri. Dalam artian kita tidak lagi punya privasi yang lebih, di mana-mana akan diperhatikan orang, di mana-mana akan doa sorot orang dan tingkah laku kita bisa jadi diperbincangkan. Inilah yang disebut berkurangnya atau hilangnya “kemerdekaan diri”.

Baca Juga: Sihir dan Santet, Agar Terhindar Rasulullah Ajarkan Baca Doa Ini

Mendewakan dan memburu ketenaran, bagaikan semut yang melihat genangan madu, terpukau. Semakin ia meraihnya ke tengah semakin tenggelam dalam genangan madu

Para penuntut ilmu dan orang shalih bisa jadi juga tidak terlepas dari penyakit ini.Asy-Syathibi berkata,

“Hal yang paling terakhir luntur dari hatinya orang-orang shalih: cinta kekuasaan dan cinta eksistensi (popularitas)”

Akan tetapi jika ketenaran itu datang tanpa dicari maka tidak mengapa dan tidak tercela.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya