Menyembelih Hewan Kurban Saat Pandemi, Perhatikan dan Patuhi Prokes

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 614 2429726 menyembelih-hewan-kurban-saat-pandemi-perhatikan-dan-patuhi-prokes-pKZ1R2jUc7.jpg Menyembelih hewan kurban saat pandemi patut memperhatikan prokes. (Foto: Okezone)

MENYEMBELIH  hewan kurban menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan saat Idul Adha. Biasanya dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli dalam melakukan penyembelihan, dan dibantu oleh sejumlah orang.

Hewan yang bisa disembelih asalah kambing, sapi, dan unta. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah Al Kautsar Ayat 2: 

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

Fa salli lirabbika wan-har

Artinya: "Maka dirikanlah sholat untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan."

Akan tetapi di masa pendemi Covid-19, berkerumun jadi hal yang paling diperhatikan. Serta tata cara penyembelihan hewan kurban pun harus memerhatikan protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga: Intip Kisaran Harga Hewan Kurban 2021, Mulai Domba hingga Sapi

Di Indonesia sendiri, pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah memberikan imbauan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1441 Hijriah.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan panduan ini sebagai petunjuk pelaksanaan kegiatan kurban dengan penyesuaian penerapan selama masa pandemi.

"Harapannya pelaksanaan kurban di tengah situasi pandemi covid-19 tetap berjalan optimal dengan mempertimbangkan aspek pencegahan dari persebaran covid-19," ujarnya dikutip dari laman resmi Kementan.

Berikut ini panduan aman ketika penyembelihan hewan kurban di masa pandemi covid-19, sebagaimana pernah dijelaskan Kementan, dan masih dapat diterapkan saat ini.

Baca Juga: Haji 2021 Batal Berangkat, Waktu Tunggu di Jawa Timur Jadi 32 Tahun

1. Petugas pemotongan hewan perlu diedukasi tentang cara persebaran covid-19, seperti hindari memegang muka, mulut, hidung, dan mata.

2. Jumlah petugas dalam satu lokasi penyembelihan perlu diatur atau diminimalisasi agar bisa menerapkan jaga jarak.

3. Petugas pemotongan hewan kurban diimbau tidak merokok, meludah, dan memerhatikan etika bersin serta batuk selama berkegiatan pemotongan kurban.

4. Petugas diharuskan berasal dari lingkungan atau satu wilayah dengan tempat pemotongan hewan dan tidak sedang masa karantina mandiri.

Sementara itu, panduan untuk jamaah yang berkurban adalah:

1. Setiap orang diimbau menghindari jabat tangan atau bersentuhan langsung selama kegiatan kurban.

2. Setiap orang yang berkegiatan kurban diharuskan membawa dan menggunakan barang pribadi, seperti perlengkapan sholat dan perlengkapan makan sendiri.

3. Setelah pulang dari tempat kurban, setiap orang wajib mandi dan membersihkan diri sebelum kontak langsung dengan anggota keluarga yang ada di rumah.

4. Dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban, tetap menerapkan protokol kesehatan berupa jaga jarak, jaga kebersihan, dan mengenakan masker atau face shield selama kegiatan pemotongan hewan kurban.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya