Kisah Bjah Eks The Fly Mantap Hijrah Setelah 3 Kali Gagal

Nandha Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 614 2439984 kisah-bjah-eks-the-fly-mantap-hijrah-setelah-3-kali-gagal-TErURv8bQx.jpg Kisah hijrah Bjah eks vokalis band The Fly. (Foto: Instagram @lawyer.sunnah)

MUHAMMAD Hamzah atau lebih dikenal Bjah merupakan mantan vokalis grup band The Fly yang populer lewat lagunya berjudul "Terbang". Sempat melewati masa kelam dengan pasang surut kehidupan, kini Bjah sudah mantap memutuskan untuk hijrah.

Bjah sendiri mengaku melalui masa kelam sampai pernah masuk penjara. Dari sanalah dia mencoba lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala karena dirinya ingin hidup lebih baik dan benar.

Baca juga: Patah Hati Setelah Hijrah 

Namun nyatanya tidak mudah bagi Bjah untuk menemukan arti "hijrah" itu sendiri. Dia mengaku sampai harus tiga kali berhijrah baru menemukan makna sebenarnya.

Bjah eks vokalis band The Fly.

"Hijrah tiga kali, gagal. Hijrah pertama, karena saya enggak tahu ya saya kan pengin dekat dengan Allah, gimana caranya pengin hidup benar. Itu kok hijrahnya amalannya kok seakan-akan taubat saya enggak diterima sama Allah," ujar Bjah, dikutip dari unggahan video di akun Instagram @lawyer.sunnah, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Mengapa Nabi Muhammad dan Para Sahabat Hijrah, Begini Alasannya 

Hingga pada hijrahnya yang kedua, Bjah coba mengamalkan amalan-amalan di luar dari perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dan tidak dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Namun, akhirnya dia memilih meninggalkan metode di hijrahnya yang kedua ini.

"Saya yakin ini salah, amalannya hanya zikir, sedangkan sholat ditinggalkan. Saya tinggalkan sudah," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hingga pada hijrah yang ketiga, dia memutuskan coba mengerjakan segala hal yang sunah, namun masih belum merasa hal ini yang tepat.

"Semua amal-amalan sunah saya kerjain. Sehari tuh bisa tiga kali saya datangi pengajian sampai akhirnya saya keblinger karena banyak yang dibilang sunah," tuturnya.

"Saya sampai minta sama Allah, saat membaca Al Fatihah itu sampai nangis enggak berhenti-berhenti tuh: 'Ya Allah tunjukilah jalan-Mu yang lurus, saya enggak mau terserat kayak dulu'," sambungnya.

Baca juga: Bukan Asal Hijrah Butuh Keikhlasan, Jujur dan Tinggalkan Dusta 

Sampai akhirnya hidayah pun datang lewat kajian yang dia temui di salah satu media sosial yakni kanal YouTube Khalid Basamalah yang di mana dia menonton video berjudul "Ibadah Harus Dipaksakan".

Di sisi lain, Bjah pun menyampaikan harapannya teruntuk dirinya sendiri. "Semoga Allah mengampuni dosa-dosa ana di masa lalu," ujarnya.

"Ya Rob-ku, dulu ana mengajak umat untuk bermaksiat, sekarang bantulah ana untuk mengganti dosa-dosa ana yang lama," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya