Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban Seberat 923 Kg untuk Masyarakat Kubu Raya

Antara, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 614 2440110 presiden-jokowi-sumbang-sapi-kurban-seberat-923-kg-untuk-masyarakat-kubu-raya-GQAYvK10Bs.jpg Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi untuk masyarakat Kubu Raya. (Foto: Dedi/Antara)

PRESIDEN Joko Widodo terus menyumbangkan sejumlah sapi ke daerah-daerah di Tanah Air untuk dijadikan hewan kurban hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi. Tahun ini salah satunya Presiden Jokowi menyumbangkan sapi kurban seberat 923 kilogram untuk masyarakat Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Gubernur Kalbar Sutarmidji menyerahkan sapi kurban dengan bobot 923 kg bantuan Presiden Jokowi kepada pihak Masjid Nur Ilahi di Kabupaten Kubu Raya.

Baca juga: Ini Penampakan Sapi Kurban Jokowi, Limosin Seberat 891,55 Kg 

"Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat melalui masjid oleh Bapak Presiden RI selalu dilakukan setiap Idul Adha. Kami tentu berterima kasih kepada Presiden atas sapi kurban yang telah diserahkan kepada masyarakat ini," kata Sutarmidji saat penyerahan sapi kurban di Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (13/7/2021), seperti dikutip dari Antara.

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

Ia menyebutkan selain penyerahan sapi dari Presiden Jokowi, juga disalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalbar sebanyak 21 sapi yang akan disebar atau dibagikan ke kabupaten/kota di sana.

"Selain itu juga ada 34 ekor sapi dari seluruh staf di Kantor Gubernur yang juga akan dibagikan ke masyarakat di Kalbar. Untuk penerima memang kita berikan ke daerah yang layak dan membutuhkan serta yang mengajukan proposal bantuan hewan kurban," jelasnya.

Baca juga: Ini 5 Jenis Sapi yang Sering Dijadikan Hewan Kurban di Indonesia 

Dirinya menghimbau dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, jika ada di rumah pemotongan hewan (RPH) maka itu lebih baik supaya bisa mencegah kerumunan dalam rangka penerapan protokol kesehatan (prokes) covid-19.

"Namun apabila tidak ada rumah pemotongan hewan, maka di masjid tidak ada masalah, asalkan ketat menerapkan prokes. Saat pemotongan tidak ada kerumunan," pintanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selanjutnya untuk penyerahan daging hewan kurban juga tidak dibagikan di masjid. Hal itu bila dilakukan maka akan ada potensi kerumunan.

"Untuk itu panitia kurban lebih baik serahkan langsung ke penerima daging kurban. Itu mencegah penyebaran covid-19," terangnya.

Baca juga: Hewan Kurban Disembelih di RPH Selama PPKM Darurat, Ini 5 Kelebihannya 

Sementara Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar Muhammad Munsif menjelaskan terkait hewan kurban bantuan Presiden Jokowi dilakukan penyeleksian terhadap hewan peternak.

"Untuk hewan kurban yang menjadi bantuan Presiden dalam pemilihannya harus melalui tahap penyeleksian agar sesuai, sehat, dan layak," paparnya.

Baca juga: Sholat Idul Adha dan Kurban di Masjid Istiqlal Masih dalam Perencanaan 

Dia menjelaskan, sapi bantuan Presiden Jokowi merupakan hasil kawin inseminasi buatan (IB) sapi jenis limosin dan saat ini sudah berumur 3 tahun 1 bulan.

"Untuk peternak sapinya adalah Luko Wasito umur 40 tahun. Peternak sapi ini merupakan warga Rasau Jaya Satu, Kabupaten Kubu Raya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya