Arab Saudi Tugaskan 135 Imam dan Ulama untuk Bimbing Jamaah Haji

Hantoro, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 614 2441264 arab-saudi-tugaskan-135-imam-dan-imam-untuk-bimbing-jamaah-haji-gmiNlcVTr8.jpg Ilustrasi jamaah haji. (Foto: Reuters)

KEMENTERIAN Urusan Islam Arab Saudi telah menugaskan 135 ulama dan imam untuk memberikan bimbingan agama kepada para jamaah haji tahun ini. Para imam tersebut akan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait haji.

"Langkah ini sejalan dengan arahan kepemimpinan Saudi untuk menyediakan semua layanan bagi para jamaah dalam melakukan prosesi haji dengan mudah dan tenang," jelas pihak kementerian, seperti dikutip dari laman Arabnews, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Presiden Dua Masjid Suci Kerahkan Teknologi dan Relawan untuk Layani Jamaah Haji 1442H 

Saluran telepon juga telah disiapkan untuk memberikan tanggapan secara otomatis terhadap pertanyaan para jamaah haji.

Layanan saluran telepon ini tersedia dalam 10 bahasa yakni Arab, Inggris, Prancis, Turki, Hindi, Urdu, Hausa, Indonesia, Bengali, Amharik.

Jamaah haji di Tanah Suci. (Foto: Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi)

Baca juga: Musim Haji Tahun Ini Diprediksi Diliputi Cuaca Sangat Panas dan Hujan 

Sebelumnya lebih dari 300 sukarelawan juga disiagakan untuk membantu jamaah haji tahun ini. Mereka akan membantu menyediakan layanan rawat jalan di Makkah, Mina, Arafah, serta Muzdalifah selama pelaksanaan ibadah haji.

Ratusan relawan tersebut telah dilatih khusus untuk menangani masalah kesehatan terkait pandemi covid-19. Mereka bakal membantu meningkatkan kesadaran terkait tindakan pencegahan persebaran virus di antara jamaah haji serta pengunjung Masjidil Haram di Mekah dan tempat-tempat suci lainnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih dari 2.000 alat medis tersedia untuk tim sukarelawan, termasuk aplikasi paramedis elektronik untuk memperingatkan tentang laporan kasus darurat yang dikirim oleh kantor pusat operasi.

Direktur umum otoritas relawan Hanaa Al Shamrani mengatakan telah disediakan juga 25 pos medis rawat jalan yang masing-masing diawaki 3 hingga 5 relawan. Masing-masing didirikan di dalam Masjidil Haram dan tempat suci lainnya.

Baca juga: Masuk Tempat Suci Tanpa Izin Haji Bakal Kena Denda Rp38 Juta 

Pos rawat jalan tersebut akan beroperasi mulai hari Kamis ini waktu Arab Saudi dengan lebih dari 80 sukarelawan menjaga pergerakan jamaah haji di Mina, Arafah, dan Muzdalifah.

Al Shamrani mengungkapkan bahwa 60 persen relawan adalah dokter. Sementara sisanya perawat dan pekerja medis darurat, apoteker, fisioterapis, serta terapis pernapasan.

Relawan jamaah haji. (Foto: Arabnews)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya