Ini Laman Penyedia Hewan Kurban Online, Tetap di Rumah Aja Selama PPKM Darurat

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 00:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 614 2441355 ini-laman-penyedia-hewan-kurban-online-tetap-di-rumah-aja-selama-ppkm-darurat-lXjNiDHqwD.jpg Ilustrasi hewan kurban sapi. (Foto: Solopos)

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat membuat mobilitas dan aktivitas masyarakat menjadi sangat terbatas. Salah satunya jual beli hewan kurban yang belakangan ini menjadi tidak bisa dilakukan seperti biasanya.

Tapi tenang saja, Anda bisa membeli hewan kurban secara online di beberapa laman resmi. Selain mengetahui harganya, Anda juga bisa melihat foto hewan kurban yang akan dibeli.

Berikut ini beberapa laman penyedia hewan kurban secara online, bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin berkurban tahun ini, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Wajibkan Panitia Laporkan Penyembelihan Kurban di luar RPH 

1. Rumah Zakat

Laman Rumah Zakat tidak hanya menyediakan penerimaan zakat, infak, sedekah, pengelolaan zakat, serta progarm-program pemberdayaan kemanusiaan lainnya. Anda juga bisa membeli hewan kurban di situs yang satu ini.

Harga hewan kurban yang tersedia seperti sapi dan kambing bisa dipesan tanpa harus datang ke tempatnya langsung. Harga pun bervariasi, mulai Rp1,8 juta hingga belasan juta rupiah.

Ilustrasi hewan kurban domba. (Foto: Sam Carter/Unsplash)

2. Dompet Dhuafa

Kemudian ada Dompet Dhuafa. Ini merupakan lembaga Islam berbasis sosial yang juga sebagai pengelola zakat serta aksi sosial lainnya. Selain itu di laman ini juga menyediakan jual beli hewan kurban secara daring.

Nantinya daging-daging kurban ini didistribusikan ke wilayah miskin, tertinggal, hingga pedalaman. Harga hewan kurban yang ada di laman ini bervariasi serta kualitasnya mulai dari medium sampai premium.

Baca juga: Hindari Kerumunan saat PPKM Darurat, Pemkot Semarang Siapkan Aturan Pemotongan Hewan Kurban 

3. E-commerce favorit

Selanjutnya jual beli hewan kurban tersedia di e-commerce favorit yang biasa Anda gunakan untuk berbelanja. Sama seperti belanja daring lainnya, membeli hewan kurban di e-commerce pun cara transaksinya sama.

Anda bisa memilih toko online rekomendasi dan favorit untuk membeli hewan kurban seperti sapi dan kambing. Namun apabila Anda ragu, bisa chat lebih dulu toko penyedia hewan kurban tersebut. Sehingga, jual beli pun menjadi sah, karena adanya kesepakatan atau akad di antara penjual dan pembeli.

Selain rekomendasi laman jual beli hewan kurban secara online tersebut, Anda juga bisa mencarinya di situs resmi lainnya. Ini supaya ibadah kurban Anda dapat dilaksanakan dengan baik serta sah dalam melakukan jual beli.

Melaksanakan penyembelihan hewan kurban Idul Adha sendiri menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Hukumnya sunnah muakad atau mendekati wajib.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Terkait hal ini, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan bahwa berkurban tidak dibebankan atau boleh ditinggalkan jika seseorang dalam keadaan yang tidak memungkinkan atau dengan kata lain adanya kebutuhan yang lebih mendesak.

"Islam juga tidak memberatkan dan memaksakan pemeluknya untuk menghadirkan kemampuan jika memang tidak dalam posisi rezeki yang lapang, sehingga ibadah sunah tersebut dapat disesuaikan dengan posisinya," kata Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mana Lebih Menarik bagi Anak Muda, Berkurban atau Jalan-Jalan? 

Rasulullah Shallallahu laihi wassallam bersabda:

أنه عليه الصلاة والسلام قال: أمرت النحر وهو سنة لكم

Artinya: "Aku diperintahkan untuk berkurban, dan berkurban bagi kalian adalah sunah." (HRTirmidzi)

Wallahu a'lam bishawab.

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya