PPKM Level 4, Gus Mus Isi Waktu di Rumah Aja dengan Masak Makanan Zaman Firaun

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 614 2446593 ppkm-level-4-gus-mus-isi-waktu-di-rumah-aja-dengan-masak-makanan-zaman-firaun-nhpYkW9YBF.jpg KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus. (Foto: NU.or.id)

DIPERPANJANGNYA Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Level 4 membuat Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus memiliki waktu lebih banyak di rumah. Guna mengusir kejenuhan, Gus Mus pun coba memasak ful medames yang merupakan makanan tradisional Mesir.

"Biasa keluyuran, harus terkurung di rumah saja, pastilah berat. Aku berusaha menjalankan hobi-hobiku yang bisa kulakukan di rumah, seperti membaca; menulis; melukis; menyulam; memasak; dsb. Kali ini 'kupamerkan' dulu kepada kalian bagaimana aku melakukan hobiku memasak," tulis Gus Mus dalam unggahan di akun Instagram-nya @s.Kakung, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Obat-obatan Langka, Alquran Sebutkan 3 Bahan Alami Penangkal Virus 

Ful madames merupakan makanan yang ditemukan sejak dinasti ke-12 pada zaman Raja Firaun. Ful madames biasanya disajikan untuk makan pagi. Dalam perjalanannya, masakan khas Mesir ini memiliki banyak variasi dan cara pembuatan.

Di atas meja, Gus Mus pun telah menata beberapa bahan seperti medames kalengan, bawang merah, tomat, bawang putih, cabai hijau, garam, merica, jinten, bawang bombai, dan telur.

"Assalamu'alaikum, pagi ini untuk sarapan saya akan membuat masakan ful medames tapi yang mualaf. Mualaf itu yang ada di kaleng. Kalau yang aslinya sulit sekali," kata Gus Mus.

Ia mengatakan, untuk membuat ful medames, langkah pertama adalah menumis semua bumbu tersebut menggunakan ziddah (seperti mayonaise ala Mesir).

Baca juga: Darah Jadi Bersih dengan Minum Jus Herbal Racikan Ustaz Zaidul Akbar 

Setelah ditumis, langkah selanjutnya memasukkan memames kalengan. Umumnya, ful madames disajikan dengan minyak zaitun dan roti khas Timur Tengah yang berbentuk bundar.

Tidak berapa lama, Gus Mus pun selesai menyajikan makanan yang sudah ada sejak era Firaun tersebut. Tampilannya seperti bubur dan menggugah selera.

"Ini untuk meningkatkan imunitas kita. Mudah-mudahan semuanya sehat," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya