Obat-obatan Langka, Alquran Sebutkan 3 Bahan Alami Penangkal Virus

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 614 2446576 obat-obatan-langka-alquran-sebutkan-3-bahan-alami-penangkal-virus-l3Qr0R0ccg.jpg Buah zaitun salah satu bahan alami penangkal virus yang diungkapkan Alquran. (Foto: Congerdesign/Pixabay)

COVID-19 di Indonesia saat ini belum juga menunjukkan tanda-tanda berakhir. Bahkan, obat-obatan mulai langka di pasaran. Hal ini membuat sebagian orang, khususnya pasien covid-19, menjadi waspada.

Supaya virus covid-19 tidak menyebar secara signifikan, maka dibuat vaksin untuk mencegah dan meringankan seseorang jika terpapar wabah penyakit tersebut.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Keunikan Nyamuk, Salah Satunya Punya 3 Jantung 

Sementara itu Allah Subhanahu wa ta'ala sudah memberikan obat-obatan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai yang ringan hingga mematikan. Hal ini dibuktikan karena ada beberapa tanaman, buah-buahan, hingga hewan bisa dijadikan obat.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, di dalam Alquran ada beberapa jenis obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

"Misalnya madu, zaitun, susu kambing ternak, buah tin, hingga kurma," katanya saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Dari sekian banyak macam obat-obatan yang tertulis di dalam Alquran, berikut ini tiga obat alami yang bisa dijadikan penawar penyakit seperti virus.

Baca juga: Benarkah Bulan Mengikuti Matahari? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Buah delima. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

1. Buah delima

Ada banyak buah-buahan yang tertulis di dalam Alquran, salah satunya adalah delima. Buah berwarna merah ini disebutkan dalam Surah Ar-Rahman, jika buah tersebut akan ada di surga nanti.

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ..فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Artinya: "Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS Ar-Rahman: 68–69)

Bukan hanya kaya gizi, buah delima juga berfungsi sebagai obat alami. Misalnya diare, sakit telinga, penglihatan yang buruk, demam, gangguan gigi dan gusi, serta masalah pencernaan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Madu

Selanjutnya adalah madu, yakni dipercaya dapat menjadi obat penawar penyakit. Seperti dijelaskan di dalam Surah An-Nahl Ayat 69:

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Sementara dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan disebutkan pada Perang Dunia II orang-orang Rusia menggunakan madu untuk menyembuhkan luka-lukanya.

Madu. (Foto: Freepik)

Baca juga: 3 Bukti Makkah Kota Paling Suci di Dunia, Termasuk Keberadaan Baitullah 

3. Zaitun

Bukan hanya bermanfaat untuk perawatan tubuh, buah zaitun juga memiliki khasiat lainnya salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Hal ini juga di jelaskan di dalam ayat Alquran yaitu:

يُنۢبِتُ لَكُم بِهِ ٱلزَّرْعَ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلنَّخِيلَ وَٱلْأَعْنَٰبَ وَمِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (QS An-Nahl: 11)

Minyak zaitun. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya