Share

Gus Baha Ungkap Bahayanya Pertanyakan Diterima Tidaknya Sholat

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 330 2448441 gus-baha-ungkap-bahayanya-pertanyakan-diterima-tidaknya-sholat-U8VTYiW4v0.jpg KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (Foto: Dok Okezone)

MANUSIA kerap kali mempertanyakan soal diterima atau tidaknya ibadah sholat yang dilakukan. Hal ini disampaikan oleh KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha.

Menurut Gus Baha, ada manusia sangat ingin diterima sujud sholatnya, kemudian berlebihan, hingga akhirnya menimbulkan efek negatif yakni mempertanyakan apa gunanya beribadah jika tidak diterima.

Baca juga: Gus Baha Bagikan Resep Simpel Bangun Keluarga Sakinah 

"Nah ini berbahaya sekali kalau mulai mempertanyakan sujud saya jangan-jangan enggak diterima, terus gunanya apa," kata Gus Baha dalam unggahan video berjudul "Syukur Bisa Sholat" di akun Instagram @ngajigusbaha.

Ia melanjutkan, menurut Abu Hasan Assyadzdily itu adalah pertanyaan dari setan. Sebab, bagaimana mungkin manusia pernah menyesali sujud untuk Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sholat. (Foto: Shutterstock)

"Sedangkan jadi hamba Allah sudah dikasih oksigen, sudah dikasih bumi, dikasih rezeki, tiba-tiba dikasih kabar malaikat sholat kamu tidak diterima. Wah kecewa sujud sama Allah," tuturnya.

Maka kata Abu Hasan Assyadzdily, "Kaffa bika jaza an'an rodhiya kalaka ahlan. Cukup sebagai balasan dari Allah yang luar biasa kamu ditakdir sujud."

Baca juga: Gus Baha Ingatkan Dosa Akan Diampuni dengan Syarat Ini 

"Coba kamu nanti ketemu ada orang di bumi yang enggak pernah sujud, lalu kamu ketemu Allah sujud berkali-kali. Kemudian dapat kabar kalau sujud kamu enggak diterima. Pantas mana kira-kira? Pantas yang pernah sujud," ujar Gus Baha.

"Sudahlah kamu bahagia saja karena kamu ditakdir pernah sujud. Itu satu anugerah Allah yang luar biasa," imbuh Gus Baha.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebab jika manusia mempertanyakan tentang sujudnya, setan yang akan menang. "Karena kalau terganggu itu akan ada lama-lama mengatakan apa gunanya sujud kalau tidak diterima, dan itu setan menang kalau ada pertanyaan untuk apa sujud," ucap Gus Baha.

"Nah makanya disebut min syarril waswassil qanas. Kata waswas di sini adalah setan menggoda kamu supaya kamu men-set ibadah kamu tidak diterima kemudian kamu menyesali semua ibadah yang pernah kita lakukan. Wong amal apik kok disesali," pungkasnya.

Baca juga: Gus Baha Ingatkan 6 Hal Penggerogot Amal Baik 

Sholat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini