Biasakan Diri Melakukan Amal Baik, Jika Tak Sanggup Tahan Diri untuk Berbuat Maksiat

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 330 2448795 biasakan-diri-melakukan-amal-baik-jika-tak-sanggup-tahan-diri-untuk-berbuat-maksiat-Xku4cykXps.jpg Biasakan diri melakukan amalan kebaikan. (Foto: Freepik)

BIASAKAN diri melakukan amalan kebaikan bahkan secara rutin akan dapat menjaga kadar keimanan seseorang. Kebisaan melakukan amal baik juga dijelaskan oleh sejumlah ulama.

Ustadz Najmi Umar Bakkar  menjelaskan beberapa ulama yang mengingatkan tentang membiasakan diri berbuat amal baik yakni;

(1). Ibnu Mas’ud رضي الله عنه berkata :

"Biasakanlah melakukan kebaikan, karena sesungguhnya kebaikan itu hanyalah bisa dilakukan dengan kebiasaan" (Mushannaf Abdur Razzaq no. 4742)

Baca Juga: Mohammad Ahsan Hidupkan Sunah Nabi di Lapangan Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

(2). Imam Bakar al-Muzani رحمه الله berkata : "Bersungguh-sungguhlah dalam beramal. Apabila engkau tidak sanggup, tahanlah diri kalian dari maksiat" (Al-Mujalasah IV/34)

(3). Sulaiman bin Tharkhan رحمه الله berkata :

"Sesungguhnya mata jika dibiasakan tidur, maka dia akan terbiasa, dan jika dibiasakan bangun, maka ia pun akan terbiasa" (Hilyatul Auliyaa' III/29)

Baca Juga: Ghurur Penyakit Berbahaya, Terlalu Percaya Diri dengan Kemampuan yang Dimiliki

(4). Imam al-Utsaimin رحمه الله berkata :

"Ketahuilah, sesungguhnya apabila engkau membiasakan diri untuk meremehkan amal kebaikan, maka engkau pun akan terbiasa di atas itu. Tetapi jika engkau membiasakan diri untuk sungguh-sungguh, berbuat, serta bersegera di atas kebaikan, niscaya engkau pun akan menjadi terbiasa di atas kebaikan itu" (Syarah Riyadhus Shalihin II/25)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya