Gus Baha Buktikan Islam Mengajarkan Berpikir Logis

Andaru Danurdana, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 02:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 330 2449299 gus-baha-buktikan-islam-mengajarkan-berpikir-logis-7r1AX95D9p.jpg KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (Foto: Instagram @ngajigusbaha)

MESKI wahyu pertama diturunkan ribuan tahun lalu, Islam hingga kini tetap menjadi agama terbesar dan terorganisasi di dunia. Demikian disampaikan KH Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha.

Ia mengatakan, jumlah umat yang sangat banyak ini bukan tanpa sebab. Meski berasal dari langit, agama Islam memiliki fondasi yang kokoh di dalam diri manusia, terutama di akal.

Baca juga: Gus Baha: Orang Lain Menggunjing Tidak Masalah 

Gus Baha pun membahas mengenai Islam sangat diterima akal manusia. Lalu mengumpamakan Islam sebagai sebuah obat atau pengobatan.

"Kamu disuruh minum obat, tentu secara watak kamu enggak senang karena obat itu pahit; tapi kamu merasa nyaman setelah sakit minum obat karena ada harapan sembuh Lidah kamu enggak senang, tapi akal kamu senang. Itu yang dinamakan kelezatan akal, karena telah melakukan sesautu yang sesuai akal," ungkap Gus Baha, dikutip dari unggahan video di akun Instagram @ngajigusbaha, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Gus Baha Bagikan Resep Simpel Bangun Keluarga Sakinah 

Mungkin bagi beberapa orang, ajaran Islam terlihat berbelit-belit dan tidak bisa diterima nafsu, namun begitu dilakukan rupanya membuat pikiran lebih tenang. Hal yang dimaksud oleh Gus Baha adalah akal manusia tahu mana ajaran yang baik dan ajaran yang buruk.

Lalu ketika diajak melaksanakan ajaran baik, meski nafsu seringkali mengajak tubuh untuk menolak, akal akan merasa tenang dan nyaman.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain dalam ibadah, Islam juga memberikan kenyamanan pada akal karena memberikan jawaban mengenai asal-usul semesta.

"Masak alam raya yang sebesar ini dirumuskan bahwa penciptanya adalah kenihilan, kebayang enggak? Bisa tidur enggak?"

Baca juga: Gus Baha Ingatkan Dosa Akan Diampuni dengan Syarat Ini 

"Tapi begitu dibilang bahwa bumi ini diciptakan Allah; Yang Maha Dahulu, Yang Maha Ada, Yang Berkuasa Atas Segala Sesuatu, Yang Bernama Baik, tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tak ada yang setara dengan-Nya, akal pasti lebih menerima jawaban tersebut."

"Kalau kamu sudah mengalami kelezatan akal, maka kamu akan menemukan manisnya iman. Andaikan Rasulullah tak mengatasnamakan ini (sebagai) agama (Islam), akal pasti akan tetap menganggap ajaran beliau baik," pungkas Gus Baha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya