Sholat Sunah Qabliyah Subuh, 10 Fikih dan Keutamaanya

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 330 2449981 sholat-sunah-qabliyah-subuh-10-fikih-dan-keutamaanya-2DnqqXbF0n.jpg Sholat sunah qabliyah subuh. (Foto: Freepik)

SHOLAT sunah qabliyah subuh mempunyai nilai keutamaan yang sangat tinggi. Bahkan disebutkan keutamaanya lebih baik daripada seisi dunia.

Rasulullah SAW bersabda, 

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

"Sholat sunah dua raka'at sebelum Subuh lebih baik daripada dunia dan isinya." [HR. Muslim dari Aisyah radhiyallaahu'anha]

Rasulullah SAW juga bersabda, 

لَهُمَا أَحَبُّ إِلَيَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا 

"Dua raka’at sholat sunnah sebelum Subuh lebih aku sukai daripada seluruh nikmat dunia." [HR. Muslim dari Aisyah radhiyallahu’anha]

Baca Juga: Kisah Petugas Pemulasaran Pria Memandikan Jenazah Perempuan, Jasad Menitikan Air Mata


Ustaz Sofyan Ruray menjelaskan, Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berkata, 

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ تَعَاهُدًا مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ

“Tidak ada sholat sunnah yang paling dijaga Nabi shallallahu’alaihi wa sallam melebihi sholat dua raka’at sebelum Shubuh.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Ringkasan Beberapa Permasalahan 

1. Nikmat ibadah jauh lebih besar daripada semua nikmat dunia, karena nikmat ibadah pahalanya kekal di surga, sedangkan nikmat dunia akan musnah.

Asy-Syaikh Ibnul Utsaimin rahimahullah berkata, 

هاتان الرَّكعتان خيرٌ مِن الدُّنيا وما فيها؛ لأنَّ هاتين الرَّكعتين باقيتان والدُّنيا زائلة

"Dua raka'at qobliyah Shubuh lebih baik daripada dunia dan isinya karena pahalanya kekal, dan dunia akan musnah." [Asy-Syarhul Mumti', 2/70]

2. Keutamaan sholat sunnah dua raka'at sebelum Shubuh sangat besar, melebihi semua sholat sunnah rawatib, dan hukumnya sunnah mu'akkadah.

Al-Imam An-Nawawi Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, 

فِيهِ دَلِيلٌ عَلَى عِظَمِ فَضْلِهِمَا وَأَنَّهُمَا سُنَّةٌ لَيْسَتَا وَاجِبَتَيْنِ وَبِهِ قَالَ جُمْهُورُ الْعُلَمَاءِ

"Dalam hadits di atas terdapat dalil atas agungnya keutamaan sholat dua raka’at qobliyah Shubuh, dan bahwa hukumnya sunnah, tidak wajib, ini pendapat mayoritas ulama." [Syarh Muslim, 6/4]

Baca Juga: Apakah Hewan Akan Dihisab saat Hari Kiamat Seperti Manusia, Begini Penjelasannya

3. Rasulullah shallallaahu'alaihi wa sallam selalu mengerjakannya dalam keadaan mukim maupun safar, bahkan beliau mengqodhonya ketika tertinggal saat safar.

Sahabat yang Mulia Abu Hurairah radhiyallahu’anhu meriwayatkan, 

عَرَّسْنَا مع نَبِيِّ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ، فَلَمْ نَسْتَيْقِظْ حتَّى طَلَعَتِ الشَّمْسُ، فَقالَ النبيُّ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: لِيَأْخُذْ كُلُّ رَجُلٍ برَأْسِ رَاحِلَتِهِ، فإنَّ هذا مَنْزِلٌ حَضَرَنَا فيه الشَّيْطَانُ، قالَ: فَفَعَلْنَا، ثُمَّ دَعَا بالمَاءِ فَتَوَضَّأَ، ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، وَقالَ يَعْقُوبُ: ثُمَّ صَلَّى سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَصَلَّى الغَدَاةَ

"Kami singgah di akhir malam bersama Nabiyullah shallallahu’alaihi wa sallam dalam sebuah perjalanan jauh, maka kami tidak terbangun untuk sholat Shubuh sampai terbit matahari. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam pun bersabda: 'Hendaklah setiap orang mengambil hewan tunggangannya dan pindah dari tempat ini, karena sesungguhnya tempat ini didatangi oleh setan'. Abu Hurairah berkata: 'Kami pun melakukan perintah beliau. Kemudian beliau meminta air wudhu, lalu beliau berwudhu, kemudian beliau sholat qobliyah Shubuh dua raka’a't. Ya'kub berkata: 'Kemudian beliau sholat dua raka’at qobliyah Shubuh, kemudian iqomah dikumandangkan, lalu beliau sholat Shubuh'." [HR. Muslim]

Baca Juga: Rambut Rasulullah SAW Panjang hingga Menyentuh Bahu, Benarkah Demikian?

Al-Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata, 

وكان من هديه في سفره الاقتصار على الفرض ولم يحفظ عنه أنه صلى سنة الصلاة قبلها ولا بعدها إلا ما كان من الوتر وسنة الفجر فإنه لم يكن ليدعهما حضرا ولا سفرا

“Dan termasuk petunjuk Nabi shallallahu’alaihi wa sallam dalam safar (perjalanan jauh) hanya melakukan sholat wajib. Dan tidak diriwayatkan beliau sholat sunnah qobliyah dan ba’diyah kecuali sholat witir dan qobliyah Shubuh, sesungguhnya beliau tidak pernah meninggalkan dua sholat sunnah ini saat mukim maupun safar.” [Zaadul Ma’ad, 1/473]

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Waktunya adalah setelah masuk waktu Shubuh, setelah adzan Shubuh dikumandangkan.

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berkata, 

انَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ إِذَا سَمِعَ الْأَذَانَ، وَيُخَفِّفُهُمَا

"Bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sholat dua raka’at fajar apabila beliau telah mendengar adzan, dan beliau meringankan dua raka’at ini." [HR. Muslim]

5. Dianjurkan sholat sunnah ini secara ringan, tidak dipanjangkan.

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berkata, 

كانَ النبيُّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ يُخَفِّفُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ حتَّى إنِّي لَأَقُولُ: هلْ قَرَأَ بأُمِّ الكِتَابِ؟

"Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam meringankan sholat dua raka’at sebelum Shubuh, sampai aku berkata: Apakah beliau sempat membaca Al-Fatihah?" [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

6. Disunnahkan raka'at pertama membaca Al-Kafirun dan raka'at kedua Al-Ikhlas. Atau di raka’at pertama membaca Al-Baqorah: 136 dan raka’at kedua membaca Ali Imron: 52 atau Ali Imron: 64.

Sahabat yang Mulia Abu Hurairah radhiyallahu’anhu meriwayatkan, 

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ: قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ، وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ

"Bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam membaca dalam sholat dua raka’at fajar: Surat Al-Kafirun (di raka’at pertama) dan Al-Ikhlas (di raka’at kedua)." [HR. Muslim]

Sahabat yang Mulia Ibnu Abbas radhiyallahu’anhuma meriwayatkan, 

كَانَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ فِي الْأُولَى مِنْهُمَا: {قُولُوا آمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا} [البقرة: 136] الْآيَةَ الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ، وَفِي الْآخِرَةِ مِنْهُمَا: {آمَنَّا بِاللهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ} [آل عمران: 52]

"Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam membaca pada dua raka’at sholat fajar, di raka’at pertama Surat Al-Baqorah: 136 dan di raka’at kedua Ali Imron: 52." [HR. Muslim] 

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ: {قُولُوا آمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا} [البقرة: 136]، وَالَّتِي فِي آلِ عِمْرَانَ: {تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ} [آل عمران: 64]

"Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam membaca pada dua raka’at sholat fajar, di raka’at pertama Surat Al-Baqorah: 136 dan di raka’at kedua Ali Imron: 64." [HR. Muslim]

7. Apabila luput melakukannya sebelum Shubuh maka boleh diqodho di waktu Dhuha atau setelah sholat Shubuh.

Sahabat yang Mulia Abu Qotadah radhiyallahu’anhu menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dan para sahabat pernah ketiduran saat melakukan perjalanan jauh, mereka bangun setelah terbit matahari, maka disebutkan dalam hadits tersebut, 

ثُمَّ أَذَّنَ بِلَالٌ بِالصَّلَاةِ، فَصَلَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ صَلَّى الْغَدَاةَ، فَصَنَعَ كَمَا كَانَ يَصْنَعُ كُلَّ يَوْمٍ

“…kemudian Bilal radhiyallahu’anhu mengumandangkan adzan sholat, lalu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melakukan sholat sunnah dua raka’at, kemudian sholat Shubuh. Maka Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mengamalkan sebagaimana biasa beliau lakukan setiap hari.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Sahabat yang Mulia Qois bin Amr radhiyallahu’anhu meriwayatkan, 

رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يُصَلِّي بَعْدَ رَكْعَتَيْنِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلَاةُ الصُّبْحِ رَكْعَتَانِ»، فَقَالَ الرَّجُلُ: إِنِّي لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا، فَصَلَّيْتُهُمَا الْآنَ، فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melihat seseorang melakukan sholat dua raka’at setelah Shubuh, maka Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: ‘Sholat Shubuh dua raka’at saja’. Orang itu berkata: Sesungguhnya aku belum sholat dua raka’at sebelum Shubuh, maka aku melakukan sholat sekarang. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam hanya diam saja.” [HR. Abu Dawud, Shahih Abi Daud: 1267]

8. Lebih afdhal melakukannya di rumah.

Rasulullah ﷺ bersabda 

صلُّوا أيُّها الناسُ في بُيوتِكم؛ فإنَّ أفضلَ صلاةِ المرءِ في بيتِه إلَّا الصلاةَ المكتوبةَ

“Sholatlah wahai manusia di rumah-rumah kalian, karena sesungguhnya sebaik-baik sholat seseorang adalah di rumahnya, kecuali sholat wajib.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu’anhu]

9. Disunnahkan setelah sholat qobliyah Shubuh, apabila merasa capek karena sholat tahajjud semalam maka hendaklah berbaring dengan pinggang kanan di bawah. Sunnah berbaring ini hanya dianjurkan di rumah jika dibutuhkan, dengan syarat tidak khawatir ketiduran dan tidak terlambat sholat Shubuh berjama'ah di masjid bagi laki-laki.

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berkata, 

...ويَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الفَجْرِ، ثُمَّ يَضْطَجِعُ علَى شِقِّهِ الأيْمَنِ حتَّى يَأْتِيَهُ المُنَادِي لِلصَّلَاةِ

"...Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sholat dua raka’at sebelum Shubuh, kemudian beliau berbaring di atas pinggang kanan, sampai datang kepada beliau muadzin untuk iqomah sholat Shubuh." [HR. Muslim]

Al-Hafizh Ibnu Hajar Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, 

وَفَائِدَةُ ذَلِكَ الرَّاحَةُ وَالنَّشَاطُ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ وَعَلَى هَذَا فَلَا يُسْتَحَبُّ ذَلِكَ إِلَّا لِلمتَّهَجُّدِ

"Faidah berbaring sebentar setelah sholat qobliyah Shubuh adalah untuk beristirahat dan agar semangat sholat Subuh, oleh karena itu tidak disunnahkan kecuali untuk orang yang semalam sholat tahajjud." [Fathul Bari, 3/43]

Al-Hafizh Ibnu Hajar Asy-Syafi’i rahimahullah juga berkata, 

وَذَهَبَ بَعْضُ السَّلَفِ إِلَى اسْتِحْبَابِهَا فِي الْبَيْتِ دُونَ الْمَسْجِدِ

"Sebagian Salaf berpendapat bahwa anjuran berbaring setelah sholat sunnah Shubuh dilakukan di rumah, bukan di masjid." [Fathul Bari, 3/44]

Asy-Syaikh Ibnul Utsaimin rahimahullah berkata: 

والصحيح هو ما قاله شيخ الإسلام أنه إذا كان الإنسان متعبا من تهجده فإنه يستريح يضطجع على جنبه الأيمن وهذا بشرط ألا يخشى أن يغلبه النوم فتفوته الصلاة فإن خشي فلا ينم

"Pendapat yang benar adalah yang dikatakan oleh Syaikhul Islam, bahwa apabila seseorang merasa capek karena tahajjud, maka hendaklah ia beristirahat dengan berbaring di atas pinggang kanan, namun dengan syarat tidak dikhawatirkan ia akan ketiduran, sehingga luput sholat Shubuh berjama'ah. Jika ada kekhawatiran tersebut maka janganlah ia lakukan." [Syarhu Riyadhis Shalihin, 5/130-131]

10. Sebagian ulama berpendapat bahwa sholat sunnah fajar boleh tetap dilakukan walau iqomah sholat Shubuh telah dikumandangkan, namun pendapat ini tidak kuat, karena tidak sesuai dengan hadits Nabi shallallahu’alaihi wa sallam.

Disebutkan dalam fatwa Lajnah Daimah, 

إذا دخل المسلم المسجد وقد أقيمت الصلاة فإنه يدخل معهم ولا يصلي السنة، لقوله -صلى الله عليه وسلم- ‏(‏إذا أقيمت الصلاة فلا صلاة إلا المكتوبة‏)‏ خرجه مسلم، وإذا كان لم يصل سنة الفجر قضاها بعد صلاة الفجر أو بعد ارتفاع الشمس‏

"Apabila seorang muslim masuk masjid dan sudah iqomah sholat maka hendaklah ia sholat bersama jama’ah dan tidak sholat sunnah, karena Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, 

إِذَا أُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَلَا صَلَاةَ إِلَّا الْمَكْتُوبَةُ

"Apabila sudah iqomah sholat, maka tidak boleh sholat kecuali sholat wajib." (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)

Dan apabila ia belum sholat sunnah fajar, maka hendaklah ia qodho setelah sholat fajar atau setelah matahari meninggi (waktu Dhuha)." [Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 4042 no. 7]

Namun apabila seseorang sudah terlanjur melakukan sholat sunnah dan ia telah menyelesaikan satu raka'at, tidak mengapa ia sempurnakan menjadi dua raka'at secara ringan walau sudah iqomah sholat wajib.

Asy-Syaikh Ibnul Utsaimin rahimahullah berkata, 

والذي نرى في هذه المسألة: أنك إن كنت في الركعة الثانية فأتمها خفيفة، وإن كنت في الركعة الأولى فاقطعها. ومستندنا في ذلك قول النبي صلى الله عليه وسلم: (من أدرك ركعة من الصلاة فقد أدرك الصلاة)

"Pandangan kami dalam permasalahan ini: Bahwa apabila engkau telah masuk ke raka’at kedua, maka sempurnakanlah secara ringan. Dan apabila engkau masih di raka’at pertama, putuskan sholatmu (untuk bergabung dengan jama’ah sholat wajib). Berdasarkan sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, 

مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الصَّلَاةِ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلَاةَ

'Barangsiapa mendapatkan satu raka'at sholat maka ia telah mendapatkan sholat itu." (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu)." [Asy-Syarhul Mumti', 4/238]

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya