Ustadz Abdul Somad Terangkan Ciri-Ciri Anak Sudah Akil Balig

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 330 2451941 ustadz-abdul-somad-terangkan-ciri-ciri-anak-sudah-akil-balig-WkCI9tSWQg.jpg Ustadz Abdul Somad (UAS). (Foto: YouTube Ustadz Abdul Somad Official)

USTADZ Abdul Somad (UAS) menerangkan bahwa akil balig kerap dikaitkan dengan tanda-tanda seseorang sudah memasuki fase dewasa. Salah satu ciri yang sangat khas adalah keluarnya sperma bagi laki-laki, atau menstruasi untuk perempuan.

Namun, apakah definisi akil balig sebatas itu saja? Ustadz Abdul Somad menerangkan dalam video YouTube-nya bahwa ada ciri lain yang menandakan seseorang sudah akil baligh.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Jelaskan Hukum Suami Gunakan Gaji Istri 

"Anak-anak yang dianggap balig atau dewasa apabila padanya sudah ada salah satu sifat, sudah berusia 15 tahun, sudah keluar sperma dengan cara mimpi, dan kalau perempuan sudah menstruasi atau haid," kata UAS di video YouTube yang sudah disaksikan 7,7 ribu pengguna tersebut.

Dalam video yang sama, UAS juga menerangkan seperti apa definisi anak pandai. Salah satu indikatornya adalah mampu mengatur harta dan berhasil melalui ujian.

"Anak-anak sudah pandai apabila mereka sudah mampu mengatur hartanya, tidak lagi menyia-nyiakannya," terang UAS.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Beberkan Pentingnya Membahagiakan Orangtua 

Ia melanjutkan, untuk mengetahui kepandaiannya, diuji si anak dengan pekerjaan yang sering dilihatnya. "Artinya, anak pedagang diuji dengan jual beli, anak petani diuji dengan urusan pertanian, dan anak pemilik perusahaan diuji dengan pekerjaan yang bersangkutan," bebernya.

"Kalau tampak dia orang boros, maka sesungguhnya dia mesti dilakukan Al Hajru atau larangan bagi seseorang untuk mengelola kekayaan karena masih kecil atau akalnya belum sempurna," jelasnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya