Keajaiban Arsitektur Unik Masjid Omar Bin Al-Khattab di Saudi Utara

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 614 2454481 keajaiban-arsitektur-unik-masjid-umar-bin-khattab-di-saudi-utara-VlDB3G7kgV.jpg Masjid Umar Bin Khattab di Provinsi Al Jouf, Saudi Utara. (Foto: SPA/Saudi Gazette)

MASJID Omar Bin Al-Khattab di Dumat Al-Jandal atau terletak berdekatan dengan Kastil Marid, di Provinsi Al-Jouf, Saudi utara ini mempunyai arsitektur masjid yang unik.

Saudi Press Agency (SPA) menuliskan, Kala itu, Khalifah Umar Bin Khattab memerintahkan pembangunan masjid tersebut selama tahun 16 Hijriah saat dia menuju ke Yerusalem.

Masjid Omar Bin Al-Khattab ini adalah salah satu masjid bersejarah tertua, yang masih dipertahankan dalam gaya lamanya.

Baca Juga: 5 Anak Band Hijrah Tinggalkan Musik, Banyak Tantangan Tetap Istaqamah dan Yakin

Arsitektur masjid merupakan kelanjutan dari pola desain masjid-masjid pertama dalam Islam, khususnya desain Masjid Nabawi di Madinah pada tahap awal.

Bentuk masjid ini hampir persegi panjang dan dibangun dari batu berukir, memanjang dari barat ke timur dengan panjang 32,5 meter dan lebar 18 meter.

Baca Juga: Hikmah Hijrah yang Spektakuler Mengandung Nilai Semangat Perjuangan dan Persaudaraan

Melansir laman Saudigazette masjid tersebut terdiri dari koridor kiblat, mihrab, mimbar, halaman dan tempat sholat. Masjid ini terkenal dengan menara megahnya yang memiliki tinggi 12,7 meter dengan bentuk persegi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya