Ustadz Adi Hidayat Bagikan 4 Tips Menambah Hafalan Ayat-Ayat Alquran

Lintang Tribuana, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 616 2454815 ustadz-adi-hidayat-bagikan-4-tips-menambah-hafalan-ayat-ayat-alquran-XBlwInyqqq.jpg Ustadz Adi Hidayat (UAH). (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

USTADZ Adi Hidayat (UAH) mengatakan bahwa menghafal ayat-ayat kitab suci Alquran merupakan sebuah amalan baik bagi setiap Muslim. Banyak keutamaan yang akan diraih umat Islam dalam kehidupan di dunia dan akhirat jika melakukannya.

Para ahli Alquran pun, kata Ustadz Adi Hidayat, disebut sebagai orang yang paling istimewa di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala. Di kehidupan akhir, mereka juga dijanjikan menempati surga paling tinggi.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Ayat-Ayat Alquran Pencegah Lupa 

Menghafalkan Alquran memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, setiap Muslim masih tetap bisa mewujudkan keinginan baik itu selama punya niat yang kuat.

Berikut empat tips menambah hafalan ayat-ayat suci Alquran menurut Ustadz Adi Hidayat, seperti dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (12/8/2021).

1. Semangat

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan bahwa semangat adalah poin utama yang penting bagi orang yang ingin menghafal Alquran. Langkah ini menjadi pondasi kuat agar tak berhenti di tengah jalan.

Jika semangat itu sudah dimiliki, maka Anda siap mulai menghafal ayat-ayat suci. "Keinginan kita yang kuat, tidak putus asa, tetap istikamah, itu yang kuat," ujar Ustadz Adi Hidayat.

Baca juga: Tahun Baru Islam 1443H, Ini Pesan Mendalam dari Ustadz Adi Hidayat 

2. Tidak terburu-buru

Ustadz Adi Hidayat sangat melarang sikap terburu-buru selama proses menghafal ayat. Menurutnya, tahapan ini adalah titik pembelajaran, bukan semata-mata mengejar target cepat menghafal.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Utamakan kelancaran dalam pelafalan ayat

Masih berhubungan dengan sikap terburu-buru, dalam hal ini Ustadz Adi Hidayat menyarankan para penghafal Alquran untuk mengutamakan kelancaran dalam pelafalan satu ayat sebelum berpindah ke ayat selanjutnya.

Sebab, menurut dia, kiat ini akan memudahkan sang penghafal karena ada ayat yang berkesinambungan di juz selanjutnya. "Nanti ada ayat-ayat di juz setelahnya akan terbantu dari kalimat sebelumnya," tuturnya.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Kriteria Teman yang Perlu Dipertahankan 

4. Jangan berhenti

Seperti yang sudah disampaikan di awal, modal utama menghafal Alquran adalah semangat. Sehingga ketika sudah memulai jangan sampai berhenti di tengah jalan.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, hal ini akan menyulitkan seseorang dalam proses menghafal Alquran. "Ketika sekali Anda berhenti, maka tidak mudah untuk mengulangi karena butuh motivasi lagi," ungkapnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya