Aa Gym Ajarkan 5 Amalan Pembuka Pintu Rezeki, Yuk Dipraktikkan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 616 2456305 aa-gym-ajarkan-5-amalan-pembuka-pintu-rezeki-yuk-dipraktikkan-i8xJIti8ir.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: Okezone)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym mengatakan bahwa dalam ajaran agama Islam, bekerja tidak hanya menjadi kegiatan yang dilakukan untuk menyambung hidup, tetapi juga untuk melaksanakan amal salih. Dengan memilih pekerjaan yang halal, seorang Muslim akan meraih rezeki yang halal serta pahala berlimpah.

Aa Gym mengatakan, sebagaimana pernah diriwayatkan oleh seorang sahabat yang berjumpa dengan orang yang bekerja. Dari Ka'ab bin Umrah berkata, ada seseorang yang berjalan melalui tempat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Orang itu sedang bekerja dengan giat dan tangkas. Para sahabat lalu berkata, "Ya Rasulullah, andai kata bekerja seperti dia, dapat digolongkan fi sabilillah, alangkah baiknya."

Baca juga: Aa Gym Beberkan Ciri-Ciri Orang Jujur, Adakah pada Diri Kita? 

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun bersabda, "Jika ia bekerja untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil, itu adalah fi sabilillah. Jika ia bekerja untuk kedua orangtuanya yang sudah lanjut usia, itu adalah fi sabilillah. Jika ia bekerja untuk kepentingan dirinya sendiri agar tidak meminta-minta itu adalah fi sabilillah."

Aa Gym berkata, manusia diciptakan sudah dijamin rezekinya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Karena itu, setiap orang yang bekerja bukan mencari reseki, melainkan menjemput reseki. Ia mengatakan, ada lima amalan yang bisa memudahkan seseorang menjemput rezeki.

"Ada lima kiat agar kita bisa menjemput rezeki, namun berkah dan penuh kebaikan," ujar Aa Gym, seperti dikutip kanal YouTube Daily Vlog Aa Gym, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Aa Gym Beberkan 5 Cara Deteksi Orang Jujur vs Pendusta 

1. Niat yang tulus

Tanpa niat yang tulus, sehebat apa pun amal yang dilakukan, tidak akan bernilai sebagai amal salih. Umpamanya, niat bagai ruh dan amal bagai jasad. Sehebat apa pun yang dilakukan, kalau niatnya bukan mencari ridho Allah Subhanahu wa ta'ala, tidak akan menjadi amal salih.

"Tanpa niat, berarti jasad akan mati," tutur Aa Gym.

2. Ibadah harus bagus

Alasannya, inti dari kehidupan manusia adalah beribadah. Meski disibukkan pekerjaan, tidak boleh lupa sholat tepat waktu. Kemudian lengkapi dengan sholat rawatib, juga Sholat Dhuha, dan sholat qiyamul lail di malam hari.

"Andai kata kita menjemput rezeki dalam keadaan ibadah benar, maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan menunjukkan di mana rezeki yang paling berkah untuk kita," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Hidup harus lurus

Artinya, ketika bekerja, jangan pernah melakukan penyimpangan terhadap perilaku dan tata cara yang tidak diridhoi oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Seperti korupsi, menipu, dan berpolitik yang berlebihan. Allah Ta'ala telah menyuruh hamba-Nya menjadi pribadi yang jujur dan terpercaya.

"Dan ini adalah jalan yang penuh barokah," kata Aa Gym.

Baca juga: Aa Gym Ungkap Penyebab Hati Gelisah dan Sengsara 

4. Ikhtiar harus serius

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta'ala mencintai seorang hamba yang apabila bekerja, dia tekun dan menyempurnakan pekerjaannya. Manusia bekerja untuk dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Harus profesional, jangan setengah-setengah," tutur Aa Gym.

5. Tobat terus-menerus

Jelas bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala membuka pintu rezeki lebar-lebar bagi orang yang mau bertobat. Siapa yang beristigfar, Allah akan melapangkan hatinya dari kegelisahan, kesempitan, dan Allah beri jalan keluar dari persoalan apapun termasuk rezeki.

"Dan Allah akan berikan rezeki dengan jalan yang tidak diduga-duga," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya