Aa Gym Beberkan 5 Cara Deteksi Orang Jujur vs Pendusta

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 330 2454225 aa-gym-beberkan-5-cara-deteksi-orang-jujur-vs-pendusta-SfqmP5aJBI.jpg Tausiyah Aa Gym. (Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym mengatakan seorang Muslim harus menjadi pribadi yang mulia di mata Allah Subhanahu wa ta'ala. Salah satu sifat yang wajib dimiliki adalah berlaku jujur serta tidak berdusta.

Aa Gym menerangkan bahwa berperilaku jujur sangatlah penting. Sebab di dalam ajaran agama Islam, Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam sudah mewanti-wanti umatnya untuk memiliki sifat jujur tersebut.

Baca juga: Ini Cara Terpuji Melawan Hinaan ala Aa Gym 

Berdasarkan riwayat dari Abdullah bin Mas'ud ra, ia berkata:

"Rasulullah bersabda, 'Hendaklah kalian selalu berlaku jujur karena kejujuran membawa kepada kebaikan dan kebaikan mengantarkan seseorang ke surga. Dan apabila seseorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan dan kejahatan mengantarkan seseorang ke neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan, maka akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta." (HR Bukhari)

"Jadi, marilah kita bertekad kuat untuk menjadi orang yang jujur, konsisten dalam kejujuran, dan berusaha mengajak orang lain untuk jujur, karena ini yang akan membuat kita bahagia dan mulia, dan kita akan hidup dalam kebaikan dan menghantarkan kita sukses dunia dan akhirat," papar Aa Gym, seperti dikutip dari kanal YouTube-nya Daily Vlog Aa Gym, Kamis (12/8/2021).

"Sedangkan orang yang tidak jujur mudah bagi Allah membuka ketidakjujuran itu. Di dunia sengsara, hina-dina, dan kalau mati demi Allah azab akan menimpa. Naudzubillah," tambahnya.

Dalam video tausiyah tersebut, Aa Gym juga membeberkan cara mendeteksi orang yang berlaku jujur dengan orang yang suka berbohong atau pendusta. Seperti apa?

Baca juga: Aa Gym Beberkan 8 Ciri Pribadi Indah Disukai Allah Ta'ala, Siapa Saja Mereka? 

1. Orang yang jujur itu tenang

Kenapa? Menurut Aa Gym, itu karena Allah Subhanahu wa ta'ala menyukai orang yang jujur dan hati ini dibolak-balik oleh Allah Ta'ala.

"Syariatnya Allah menurunkan, hakikatnya tidak ada beban untuk berdusta," katanya.

Beda dengan mereka yang tidak jujur, perasaannya akan selalu gelisah, karena Allah buat dia gelisah. "Syariatnya dia takut terbongkar ketidakjujurannya dan itu membuat dia tegang, gugup, dan tidak tenang. Walau berusaha tenang, tenangnya semu," terangnya.

2. Orang yang jujur itu merasa ringan

Jadi, orang yang jujur itu mudah menyampaikan pesan. Apa yang dia katakan runut, rinci, detail dan jelas. "Ringan saja tidak ada beban," ungkap Aa Gym.

Tapi kalau pendusta, sambung Aa Gym, dia harus berpikir keras untuk merekayasa kebohongan. Akibatnya, kalau bicara dia akan bicara simpel, tidak bisa rinci, karena harus mengarang.

"Kalau panjang pesannya, cenderung berbelit-belit," ujarnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Orang yang jujur itu konsisten

Orang yang jujur cenderung konsisten, karena itu yang dia rasakan, dia alami, sehingga saat menjelaskan lagi ke orang lain, tidak ada beban dan konsisten, kapan pun sama saja pesannya.

"Beda dengan tidak jujur, mereka akan inkonsisten. Ini tergantung kemampuannya menyimpan kebohongan dan membuat karangan baru dan akan jelas terlihat inkonsistennya," ucap Aa Gym.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 5 Konsep Keuntungan Bisnis Menurut Islam 

4. Orang yang jujur itu yakin

Orang yang jujur, dia tidak berusaha kuat membuat orang yakin karena dia sendiri yakin. Ini bisa tergambar dari raut muka, hatinya, dan sikapnya yang yakin.

Artinya, dia tidak berusaha keras membuat orang yakin, kalau pun menyampaikan sesuatu, nanti akan mengajak orang-orang yang memang bisa menjadi bukti dengan hal yang sama.

Tapi, kalau orang tidak jujur dia akan berusaha sangat keras agar orang yakin, bisa dengan data atau fakta yang dibuat-buat.

"Dan biasanya dia akan cari orang-orang yang sama juga kebohongannya untuk mendukung kebohongan lainnya atau orang bodoh yang enggak ngerti apa-apa untuk bisa meyakinkan," terangnya.

Jadi, khas sekali para pembohong itu dia berusaha keras meyakinkan, karena dia tidak yakin, jadi dia buat rekayasa supaya yakin.

5. Orang yang jujur yakin kepada Allah Ta'ala

"Dia yakin bahwa Allah Maha Melihat, Allah Maha Mendengar, dan Allah akan menolong," kata Aa Gym.

Tidak hanya itu, mereka yang jujur juga pasti bulat keyakinannya untuk bergantung hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Tapi pendusta, dia tidak ingat Allah. Sandarannya adalah rekayasa. Dia akan berusaha keras membanting tulang untuk menyembunyikan kedustaannya," tambah Aa Gym.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya