Aa Gym Beberkan 8 Ciri Pribadi Indah Disukai Allah Ta'ala, Siapa Saja Mereka?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 03:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 330 2452766 aa-gym-beberkan-8-ciri-pribadi-indah-disukai-allah-ta-ala-siapa-saja-mereka-L9fe5xOQ4y.png KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan manusia dilahirkan dengan sifat penyuka keindahan. Maka itu, manusia sedang berada di tempat-tempat indah.

"Manusia itu sangat suka dengan keindahan. Kita senang melihat pemandangan yang indah, suara yang indah, atau senang berada di lingkungan yang indah," katanya, seperti dikutip dari kanal YouTube Aa Gym Daily Vlog, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Aa Gym Ungkap 5 Konsep Keuntungan Bisnis Menurut Islam 

Ia melanjutkan, keindahan itu suatu "software" yang selalu dirindukan manusia. Menjadi manusia atau pribadi yang indah juga sangat disukai Allah Azza wa jalla.

"Allah Subhanahu wa ta'ala menciptakan keindahan supaya kita tahu bahwa semua itu ada penciptanya. Dialah Allah Yang Maha Indah dan Allah menyukai manusia yang indah," papar Aa Gym.

Manusia indah itu sendiri apa? Apakah manusia yang memiliki rumah indah? Tampang yang indah?

"Tidak. Manusia yang indah itu seseorang dengan hati bersih. Tidak semua orang mempunyai rumah megah dan indah, tapi setiap orang bisa menjadi seseorang yang dirindukan karena menjadi orang dengan pribadi indah," tambahnya.

Aa Gym secara lengkap menerangkan ada delapan ciri orang yang memiliki pribadi indah di mata Allah Subhanahu wa ta'ala. Siapa saja mereka?

1. Orang yang ikhlas

Ya, orang yang indah itu orang yang ikhlas. Jadi kalau berbuat sesuatu, dia itu tanpa pamrih. "Dia senang memberikan yang terbaik namun tidak berharap terima kasih, tidak menyebut-nyebut kebaikannya, tidak menunggu orang lain membalas budi. Pokoknya seperti matahari, dia akan memberi tak harap kembali," kata Aa Gym.

2. Orang yang gemar bersyukur

Ahli syukur itu pribadinya akan indah, karena sekecil apa pun kebaikan yang dilakukan, itu membuatnya bahagia dan dari itu, terpancar rasa syukurnya.

Baca juga: Aa Gym Ajarkan Doa Super Melunasi Utang, Ini Lafaznya 

3. Orang yang sabar

Jadi, mereka yang tidak berkeluh kesah saat ditimpa masalah, mereka ini pemilik pribadi indah. "Walaupun rupanya indah, rumahnya indah, orang itu akan kehilangan keindahannya karena tidak berlaku sabar," ungkap Aa Gym.

4. Orang yang qonaah

Orang qonaah atau selalu merasa puas dengan apa yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan juga termasuk dalam pribadi indah. "Orang seperti ini tidak serakah, tidak egois. Makanya orang qonaah itu segar hatinya," kata Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Orang yang tidak dengki

Ciri orang semacam ini ialah dia akan selalu senang dengan nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada hamba-Nya yang lain. "Beda dengan pendengki, senang melihat orang susah, susah melihat orang senang," celetuk Aa Gym.

"Pendengki itu seseorang yang berusaha keras membuat orang lain jadi susah. Orang seperti ini tidak pernah bahagia, dia selalu apes karena dia yang zalim dan dia pula yang celaka dan selalu sengsara," sambungnya.

6. orang yang tawadhu

Ini adalah orang yang rendah hati. Mereka ini, kata Aa Gym, adalah orang yang tidak petantang-petenteng, tidak ujub, tidak merasa paling hebat, tidak merasa paling berjasa, paling penting, paling berjuang, atau paling berkorban.

"Dia lakukan yang terbaik tapi dia tidak menunjukan dirinya. Orang yang senang mengekspos diri tidak pada tempatnya itu seperti ambeien, tidak enak, sakit. Oleh karena itu orang rendah hati itu akan jadi indah," ujarnya.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 2 Penyebab Orang Sulit Tobat dan Berubah 

7. Orang yang zuhud

"Bukan berarti miskin, tapi orang yang lebih yakin dengan apa yang ada pada janji Allah Subhanahu wa ta'ala daripada apa yang ada di dirinya. Ini yang membuatnya jadi pribadi dermawan," katanya.

Jadi, orang yang zuhud itu ringan saja membagikan rezekinya, karena dia tahu semua yang dilakukan adalah amalan yang pasti ada balasannya di sisi Allah. Lalu apa yang dia belanjakan, dia sadar itu hanya titipan Allah. "Makanya orang-orang yang dermawan, buah dari kezuhudan, akan tampak indah," singkat Aa Gym.

8. Orang yang tawakal

"Karena dia tidak akan bergantung dan berharap dari makhluk. Orang yang tawakal itu yakin pada Allah Subhanahu wa ta'ala karena tahu bahwa Allah Maha Menjaga, Maha Melihat, sehingga dia tidak meminta-minta ke makhluk, tidak bersandar ke makhluk," paparnya.

Aa Gym melanjutkan, "Makin orang berharap kepada sesama, itu makin membuatnya galau dan merasa hina. Kalau orang sudah begini, makin hina yang dirasa."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya