Aa Gym Ajarkan Doa Super Melunasi Utang, Ini Lafaznya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 330 2451865 aa-gym-ajarkan-doa-super-melunasi-utang-ini-lafaznya-7o2ytAEy2A.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengungkapkan bahwa orang yang punya utang biasanya mudah cemas. Cemas takut tidak bisa membayar hutangnya. Cemas akan ditagih. Cemas menghadapi kematian sebelum melunasi utangnya. Kemudian cemas bagaimana keadaan di kubur dan di akhirat nanti.

Selain itu, lanjut Aa Gym, orang-orang yang dililit utang banyak merasakan sedih, karena sangat menekan perasaan. Sedih menjadi tidak leluasa, sedih menjadi terbelenggu, sedih menjadi terikat.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 2 Penyebab Orang Sulit Tobat dan Berubah 

Kemudian orang-orang yang dililit utang akan punya keinginan untuk membayar tapi kadang tidak berdaya. Selain itu, ada juga yang memiliki kemampuan membayar, tetapi dia tidak punya keinginan yang kuat.

Aa Gym mengatakan, memiliki utang membuat seseorang menjadi punya sifat pengecut. Lalu muncul rasa serba-ketakutan dalam hidup serta takut memikul risiko.

"Lalu yang paling bahaya juga kalau sudah punya utang dia bakhil, tidak senang berbuat kebaikan, baik untuk dirinya maupun untuk orang lain," ungkapnya, seperti dikutip dari akun YouTube Aa Gym Daily Vlog, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Aa Gym Ungkap 2 Sifat Paling Berbahaya bagi Seorang Muslim 

Oleh karena itu, lanjut Aa Gym, setiap Muslim harus betul-betul berlindung kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dari lilitan utang. Kemudian berlindung dari penindasan orang-orang.

"Karena kalau kita sudah punya utang, kita akan cenderung tertindas, harus nurut. Kebebasan dan kemerdekaan kita menjadi sirna," sambungnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Terjerat oleh utang juga berarti terjerat oleh ancaman orang-orang atau aturan yang membuat diri merasa teraniaya dengan utang tersebut. Diketahui Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam setiap selesai sholat sering membaca doa terbebas dari utang, yakni:

وَعَنْ أَنَسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَقُوْلُ : اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ ، وَالكَسَلِ ، وَالجُبْنِ ، والهَرَمِ ، والبُخْلِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

وَفِي رِوَايَةٍ : وَضَلَعِ الدَّيْنِ ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: "Anas Radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Allohumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhli, wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri, wa a’udzu bika min fitnatil mahyaa wal mamaat (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, sifat malas, sifat pengecut, kepikunan, kekikiran, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian)."

Dalam riwayat lain disebutkan, "Dhola’id dain wa ghalabatir rijaal (lilitan utang dan laki-laki yang menindas)." (muttafaqun ‘alaih) (HR Bukhari Nomor 6367 dan Muslim Nomor 2706)

"Insya Allah, Allah akan menghilangkan kebingungan, kegalauan, dan membayar lunas utang. Selamat mengamalkan saudaraku sekalian," tuntasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Aa Gym Bagikan 3 Rahasia Langgeng Bergaul dengan Sesama Manusia 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya