Aa Gym Ungkap 2 Penyebab Orang Sulit Tobat dan Berubah

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 330 2449473 aa-gym-ungkap-2-penyebab-orang-sulit-tobat-dan-berubah-p3RiDUph9g.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: Okezone)

KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym memberitahukan bahwa bisa tobat dari dosa dan kesalahan tentu keinginan banyak orang yang beriman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Aa Gym melanjutkan, keinginan ini terkadang menguat, tapi kadang juga melemah, atau bahkan hilang sama sekali. Ini tentu disebabkan banyak faktor.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 2 Sifat Paling Berbahaya bagi Seorang Muslim 

Namun bagi kaum Muslimin yang mungkin merasa sulit bertobat, atau justru ada perasaan untuk tidak harus bertobat dan berubah, wajib berhati-hati. Hal itu bisa jadi disebabkan beberapa hal.

Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari tausiyah Aa Gym di unggahan akun Instagram-nya @aagym.

1. Kesombongan dalam hati yang tidak disadari

Namanya manusia, terkadang ada saat di mana menyadari dan menyesali perbuatan buruk yang telah dilakukan. Namun di satu sisi, bisa jadi seseorang merasa hal itu tidak perlu disesali berlarut-larut.

Ketika ada pikiran tersebut, mungkin akibat godaan setan, kaum Muslimin pun harus berhati-hati. Jangan sampai itu adalah bentuk kesombongan dalam hati yang tidak disadari.

Orang sombong tentu akan sulit bertaubat dan sulit berubah. Perasaan sombong akan membuat seseorang tidak akan mengakui kesalahannya, bahkan yang terparah ia akan selalu mencari-cari pembenaran atas suatu tindakannya yang padahal jelas-jelas salah tersebut.

Selain itu, orang sombong juga tidak akan pernah bisa menangisi kesalahannya dan bertaubat, karena ia merasa bahwa ia telah melakukan yang terbaik dalam hidupnya. Naudzubillah.

Baca juga: Aa Gym Bagikan 3 Rahasia Langgeng Bergaul dengan Sesama Manusia 

2. Senantiasa merasa diri sebagai korban

Selanjutnya selain kesombongan, penyebab orang sulit bertobat dan berubah adalah karena selalu memosisikan dirinya sebagai korban atas suatu tindak kejahatan, padahal ia ada andil di dalam tindakan tersebut.

Istilah kekinian bagi orang-orang yang demikian adalah playing victim. Orang yang senantiasa playing victim akan merasa dan berpikir mengenai keburukan orang lain saja, tanpa mau melakukan muhasabah atau instrospeksi terhadap dirinya sendiri.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Semisal ketika merasa orang lain menyakiti diri Anda. Aa gym mengungkapkan bahwa memang benar orang tersebut telah melakukan tindakan zalim, namun yang perlu dipahami adalah bahwasanya kezaliman yang dilakukan orang lain bisa jadi tidak terlepas dari dosa-dosa yang telah kita lakukan sebelumnya.

Adapun Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Artinya: " … dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (QS Al Hujurat: 11)

Baca juga: Aa Gym: Lihat Orang Lain Dapat Rezeki, Doakan yang Baik-Baik 

Artinya, perlu dipahami bahwasanya kezaliman tidak hanya ketika kita atau seseorang melakukan tindakan yang merugikan bahkan menyakiti orang lain saja, namun ketika ada orang yang sulit bahkan enggan bertobat, sesungguhnya mereka juga termasuk orang-orang yang zalim.

Semoga setiap Muslimin menjadi golongan orang-orang mukmin yang senantiasa mencari rida Allah Subhanahu wa ta'ala dan selalu dimudahkan dalam urusan pertaubatan.

Wallahu a’lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya