Aa Gym Bagikan Amalan agar Urusan Rezeki, Jodoh, Anak Jadi Lancar

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 330 2459538 aa-gym-bagikan-amalan-agar-urusan-rezeki-jodoh-anak-jadi-lancar-KE0ozHYnuN.jpg KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. (Foto: YouTube Aa Gym Daily Vlog)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan sudah menjadi sifat dasar bahwa setiap manusia menginginkan segala hal terkait urusannya menjadi lebih mudah, termasuk mengenai rezeki, jodoh, dan anak. Sementara saat menemui kesulitan, manusia mengeluh karena merasa urusan yang dialaminya begitu menyusahkan kehidupannya.

Aa Gym melanjutkan, Islam memberikan beberapa solusi bagi umatnya yang ingin senantiasa dimudahkan urusannya dan agar dijauhkan dari berbagai kesulitan. Salah satunya yang paling mujarab adalah dengan mengucap Istighfar.

Baca juga: Aa Gym: Tidur Usai Sholat Subuh Salah Satu Penghambat Rezeki 

Kisah Imam Hasan Al Basri

Aa Gym pun mengisahkan Imam Hasan Al Basri putra Zaid bin Tsabit, penulis Alquran pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ia sering kedatangan seorang tamu yang menceritakan kesulitan yang dialaminya lantas meminta solusi.

Suatu saat Imam Hasan kedatangan seorang tamu yang mengaku sedang mengalami paceklik pangan akibat kemarau panjang. Ia kemudian menjawab, "Mintalah ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, istighfar."

"Tidak lama kemudian datang seorang yang mengeluh kesulitan ekonomi. Beliau kembali menasihati kepada orang tersebut untuk mengucap istighfar," ucap Aa Gym, seperti dikutip dari kanal YouTube Aa Gym Daily Vlog, Senin (23/8/2021).

Aa Gym menalnjutkan, datang lagi orang lain dengan problematika yakni sudah menikah lama namun tidak kunjung dikaruniai anak. Kembali dijawab hal yang sama yakni si fulan tersebut disuruh untuk istighfar, memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Hobi Gowes? Aa Gym Ungkap 4 Hal yang Harus Dihindari dalam Bersepeda 

Lantas bertanya seorang muridnya yang tampak heran terhadap Imam Hasan. Sang murid tersebut menanyakan mengapa jawabannya selalu sama, padahal dengan persoalan yang berbeda. Hal ini lantas dijawab oleh beliau:

"Itu bukan perkataan saya, itu adalah perintah Allah Subhanahu wa ta'ala yang terdapat pada Surah Nuh Ayat 10,11,12."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adapun Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا ١٠

Artinya: "Maka aku berkata (kepada mereka), 'Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia Maha Pengampun." (QS Nuh: 10)

يُرْسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا ١١

Artinya: "Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu." (QS Nuh: 11)

وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا ﴿١٢

Artinya: "Dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu." (QS Nuh: 12)

Baca juga: Ini 5 Etika Berbicara Rasulullah yang Wajib Diteladani Kaum Muslimin 

Sebagai bentuk pengamalan perintah Allah Subhanahu wa ta'ala, suatu ketika Umar bin Khattab sempat memohon hujan untuk wilayah yang ia pimpin yang tandus. Khalifah Umar hanya mengucap istighfar terus-menerus. Umar pun berpesan kepada kaumnya untuk mengamalkan hal tersebut yang terdapat dalam suatu hadis yaitu:

Berkata Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu:

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

Artinya: "Wahai kaumku, mintalah ampun kepada Rabb kalian. Kemudian bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia akan menurunkan pada kalian hujan lebat dari langit." (HR Al Baihaqi 3: 352)

Hal ini juga sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Artinya: "Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Barang siapa yang menekuni istighfar, Allah akan membuat setiap kesedihan menjadi kelonggaran, setiap kesempitan menjadi jalan keluar, dan memberi rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR Ibnu Majah)

Baca juga: Aa Gym Bagikan 3 Adab Berbicara yang Baik bagi Setiap Muslim 

Terlihat ringan tetapi apabila dilakukan dengan hati yang benar-benar tulus memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan mengucapkannya sebanyak mungkin, niscaya akan mudahlah segala urusan kita.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya